Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

6 Fakta Tentang Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 7 Desember 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Berapa tahun sekali kamu mengganti matras tempat tidur? Bisa jadi belum pernah diganti. Padahal, tempat tidur dan matras merupakan lokasi favorit kuman dan bakteri. Berikut 6 fakta tentang kebersihan tempat tidur yang wajib diketahui.

1.Tak pernah mengganti sprei

Hampir setengah dari kita (50%) paham bahwa sprei tempat tidur sebaiknya diganti minimal seminggu sekali. Toh, 70% di antara kita tak pernah melakuannya meski sudah tahu dampaknya.

2.Memicu reaksi alergi

Duapertiga orang yang ditanya mengaku tidak tahu bahwa tempat tidur yang kotor bisa memicu penyebaran virus pemicu berbagai gangguan kesehatan, mulai reaksi alergi hingga infeksi.

 

Baca juga: 7 Posisi Tidur Dan Artinya Bagi Hubungan Kamu

 

3.Nyampah di kasur

Tahukah kamu, 53% dari kita hobi nyampah di atas kasur. Cokelat menjadi cemilan yang paling sering dikunyah sambil membaca atau sekedar berbaring santai di atas kasur.

4.Binatang peliharaan ikut tidur

Ternyata, bukan hanya pemilik kamar yang memberi kontribusi terhadap munculnya bakteri di tempat tidur. Binatang kesayangan, seperti anjing atau kucing, juga ikut bertanggung jawab, meskipun yang mengizinkan binatang-binatang lucu itu tidur di kasur juga si empunya sendiri.

| SHUTTERSTOCK

5.Lebih suka bersihin dapur

Aneh, ya, meski setiap hari kita memakai tempat tidur dengan segala bakteri dan virus di dalamnya, ternyata kita lebih hobi membersihkan lantai atau dapur ketimbang membersihkan tempat tidur. Sebagian lainnya lebih suka membersihkan kamar mandi dan lupa membersihkan tempat tidurnya.

6.Matras tak pernah diganti

Coba ingat-ingat, berapa kali kamu membersihkan bantal dalam setahun? Ternyata, rata-rata orang hanya “sempat” membersihkan bantal 3 tahun sekali! Matras lebih parah lagi, hampr 37% orang tidak pernah membersihkan matras kasurnya. Pantas saja, jamur dan kuman menjadikannya sebagai sarang yang hangat.

Sesekali, bongkarlah matras tempat tidur. Meski tak terlihat, jamur dan bakteri menjadi penghuni tetap matras yang oleh sebagian orang tak pernah diganti. Sebaiknya, ganti matras minimal 8 tahun sekali agar kondisinya tetap higienis.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro