To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Sebelum Ikut Yoga, Bumil Harus Pahami Ini

author
Isna Triyono
Selasa, 11 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hamil bukan berarti kamu melewatkan sesi olahraga. Meski enggak semua jenis olahraga bisa diikuti oleh ibu hamil, namun beberapa justru sangat dianjurkan karena memberikan banyak manfaat.

Salah satunya olahraga yoga. Bagi ibu hamil, yoga adalah olahraga yang aman namun tetap memberi manfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan yoga membantu ibu hamil tidur lebih lelap, mengurangi anxiety, menurunkan nyeri punggu bawah, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan otot yang diperuntukan untuk proses kelahiran.

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari yoga khusus ibu hamil, ikuti panduan berikut ini.

Baca juga: 7 Hal Kecil yang Dilakukan Bumil Tapi Membahayakan Janin

1. Konsultasikan dengan dokter

Sebelum mulai mengikuti yoga, wajib berkonsultasi dengan dokter. Karena kondisi tertentu misalnya berisiko megalami persalinan premature atau memiliki penyakit jantung atau masalah punggung tidak dapat melakukan yoga.

2. Sesi pendek namun sering

Bagi ibu hamil, aktivitas fisik maksimal yang pas dilakukan setidaknya cukup 30 menit. Jangan terlalu memaksa hingga berisiko pada kondisi kehamilan. Yoga dengan sesi yang pendek namun sering mmebantu kamu tetap bugar untuk persiapan persalinan.

3. Tetap terhidrasi

Latihan yoga prenatal di ruangan dengan ventilasi baik untuk menghindari pemanasan suhu tubuh berlebih. Jangan lupa untuk tetap meminum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Jangan memaksa

Tujuan yoga prenatal adalah menjaga tubuh tetap prima untuk menjalani persalinan nanti. Jangan memaksa diri terlalu keras. Ikutlah kelas yoga prenatal jauh hari sebelum due date untuk hasil maksimal.

Baca juga: Sebelum Menyewa Jasa Birth Photographer, Ini Tipsnya

5. Hindari pose tertentu

Misalnya pose yang memberi tekanan pada daerah perut atau pose terbalik kecuali kamu memang praktisi yoga berpengalaman. Kamu bisa gunakan alat peraga dan di bawah bimbingan instruktur.

6. Jangan berlebihan

Perhatikan kondisi tubuh dan perasaan kamu ketika sesudah melakukan yoga prenatal. Mulai latihan yoga dari yang paling ringan dan hindari pose yang membuat kamu enggak nyaman. Lakukan peregangan maksimal seperti ketika kamu belum dalam kondisi hamil.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono