To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Bentonite Clay dan 7 Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 27 Oktober 2018 | 20:33 WIB
SHUTTERSTOCK |

Banyak perempuan yang menambahkan masker bentonite clay ini ke dalam rutinitas skincare mereka. Ternyata ini 7 manfaat bentonite clay untuk kecantikan kulit wajah.

Bentonite Clay, Apa sih?

Dikutip dari skincare.com, bentonite clay atau lempung bentonite bersumber dari abu gunung berapi. Di berbagai bangsa, bentonite clay telah lama digunakan untuk pengobatan tradisional untuk menyerap racun.

Ahli kecantikan Skincare.com, Dr. William Kwan, menjelaskan bentonite clay kaya substansi mineral lempung montmorillonite yang bisa meningkatkan sirkulasi darah, mendetoks kulit, serta membuat kulit lebih kencang.

Baca Juga: BB, CC, DD, EE Cream, Apa Bedanya?

Biasanya bentonite clay ada yang dilabeli sodium bentonite clay dan calcium bentonite clay. Yang kedua lebih direkomendasikan untuk perawatan wajah.

7 Manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah

1. Menenangkan Kulit

Dr. Kwan mengatakan bentonite clay memiliki keunggulan menenangkan kulit cocok sehingga digunakan oleh orang berkulit sensitif.

2. Memproteksi Kulit

Bentonite clay dengan segala kandungannya dapat berfungsi sebagai tameng yang memproteksi kulit kamu.

3. Menyembuhkan Jerawat

Bentonite clay bersifat antibakteri sehingga bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit, seperti komedo, ruam, dan jerawat. Rutinlah cuci muka dengan campuran sedikit bentonite clay dan air agar jerawat hilang dan kulit lebih cerah.

4. Mengatasi Inflamasi

Bentonite clay yang diformulasikan sebagai losion dapat membantu mengatasi beragam tipe penyakit kulit yang berhubungan dengan peradangan.

5. Memperkecil Pori-pori

Pemilik kulit wajah berminyak dan berpori-pori besar bisa mencoba formula ini dalam bentuk masker wajah. Campur bentonite clay dengan air atau cuka apel, lalu coba oleskan sedikit untuk mengetahui reaksinya pada kulit.

Jika tidak bermasalah kamu bisa memakainya seminggu sekali. Jangan biarkan terlalu lama ya, cukup 5-10 menit karena kulit akan terasa semakin kencang seperti tersedot.

Baca Juga: 5 Variasi Masker Wortel untuk Kulit Wajah Halus dan Glowing

6. Antiaging

Sifat detoksifikasi pada bentonite clay berguna untuk membersihkan kulit wajah dari radikal bebas penyebab penuaan. Tanda-tanda penuaan seperti kerut, keriput, garis-garis halus pun bisa disamarkan.

7. Eksfoliasi

Meski bentonite clay memiliki tekstur yang halus tetapi mampu mendorong pengelupasan kulit-kulit mati sehingga sel-sel kulit beregenerasi.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Isna Triyono