Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Masker Charcoal untuk Kulit Wajah Lebih Cerah. Bikin Sendiri, yuk!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 8 November 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ingin kulit wajah lebih cerah karena noda-noda hitam memudar dan teksturnya lebih halus karena pori-pori mengecil? Cobalah perawatan dengan masker charcoal yang ternyata mudah dibuat sendiri. Mau coba?

Sekarang banyak dijual masker charcoal untuk kulit wajah. Activated charcoal atau arang aktif adalah bubuk arang yang mengandung karbon aktif yang dapat menyerap gas dan racun. Arang aktif tersebut berasal dari serbuk kayu, bambu, atau batok kelapa sawit yang melalui proses pengaktifan sehingga memiliki daya serap.

Ketika kulit wajah ditempelkan masker charcoal, arang aktif akan bereaksi sebagai molekul aktif yang menghisap racun, debu, kotoran, dan minyak dari pori-pori kulit yang bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam, garis-garis halus serta keriput.

Baca juga: Kamu Bisa Tiru, 9 Cara Menjaga Kecantikan ala Selena Gomez

Wajah pun akan terlihat lebih cerah karena timbunan kotoran hilang dan noda-noda hitam memudar. Tekstur kulit juga lebih halus karena pori-pori mengecil dan komedo terangkat.

Tertarik mencoba? Ternyata kamu bisa, lo, membuat masker charcoal sendiri.

1.Siapkan bahan, yaitu 2 sendok makan bubuk arang aktif (activate charcoal powder), 1 sendok makan air mawar, 1/2 sendok makan gel lidah buaya, serta susu atau madu secukupnya.

2.Campur bubuk arang dengan air mawar dan gel lidah buaya. Lalu masukkan susu atau madu. Aduk hingga berbentuk pasta.

3.Aplikasikan masker pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Sebaiknya oles dulu pada satu bagian wajah yang bermasalah, misalnya dagu atau T-zone yang berkomedo, dan tunggu reaksinya. Jika tidak terasa gatal atau panas, kamu bisa mencoba di area wajah yang lain.

4.Diamkan 15 menit hingga benar-benar kering, lalu bilas hingga bersih.

5.Oles wajah dengan penyegar dan pelembap non comedogenic agar tidak kering.

SHUTTERSTOCK |

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi