Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

7 Tips Bagi Yang Tak Punya Waktu Untuk Berolahraga

author
Hasto Prianggoro
Senin, 18 Februari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Meskipun menyehatkan, banyak orang yang mengaku tak sempat melakukan olahraga. Salah satunya karena tak punya waktu. Nah, coba lakukan 10 gerakan ini, ya. Tak butuh waktu dan tempat khusus, kok. Benefitnya tak kalah dibanding olahraga di gym, lo.

 

1.Latih jantung dan otot dengan melakukan gerakan duduk dan bangkit dari kursi tanpa berpegangan pada apa pun. Lakukan bertahap, mulai dengan 30 detik, lanjutkan dengan 1 menit dan seterusnya. 

2.Musim hujan? Tak perlu khawatir, kamu masih tetap bisa melakukan olahraga, kok. Gunakan tangga saja. Lakukan 10 kali naik turun tangga setiap hari, dan manfaat yang didapat sama seperti latihan aerobik di gym, lo.

Baca juga: Sering Menangis? Barangkali Ini Penyebabnya

3.Jangan sia-siakan waktu mandi. Angkat tumit dan tahan selama beberapa menit, lalu turunkan perlahan. Gerakan ini akan membuat otot-otot di pergelangan kaki menguat sekaligus memperbaiki sirkulasi darah.

4.Perkuat otot-otot tangan dengan memanfaatkan waktu mencuci baju. Peras baju dengan tangan bergantian ke kedua arah, kiri dan kanan, sambil menahan napas. Lakukan sampai baju cucian habis.

5.Menelepon teman atau kerabat? Jangan duduk, lakukan sambil berdiri dan berjalan mengelilingi ruangan.

| SHUTTERSTOCK

6.Tak cukup percaya diri mengikuti kursus menari? Lakukan saja sendiri di rumah. Putar musik upbeat dan bergeraklah sesuai irama. Selain membuat hati senang, ini juga akan membantu membakar kalori.

7.Jangan gunakan troli saat berbelanja ke supermarket. Gunakan keranjang atau tas belanja, angkat dengan kedua tangan ke tempat parkir kendaraan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro