I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Laki-laki atau perempuan? Ini Mitos Memprediksi Jenis Kelamin Bayi

author
Isna Triyono
Rabu, 13 Februari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berkat kemajuan teknologi, mengetahui jenis kelamin calon bayi bukanlah hal yang sulit.

Namun sebelum kemajuan teknologi memudahkan calon ibu mengentahui jenis kelamin yang dikandungnya, ada mitos yang dipercaya turun-temurun memprediksi jenis kelamin bayi, hanya dengan melihat penampilan fisik sang ibu selama hamil.

Apa yang dikatakan mitos ini bisa tepat atau meleset tapi pasti menyenangkan bagi ibu yang mendengarkan. Apalagi jika tiba-tiba di jalan, orang yang tak dikenal menyapamu dan menebak jenis kelamin bayi dalam perutmu hanya berdasarkan mitos ini.

Baca juga: 10 Must-Have Items Untuk Ibu Hamil

Apa aja mitos tersebut?

1. Linea Nigra

Garis gelap yang muncul di perut ibu hamil ini juga sering dipakai untuk memprediksi jenis kelamin bayi. jika garis gelap yang membujur dari atas vagina berlanjut hingga di atas pusar, kamu akan memiliki bayi laki-laki. Tapi jika line nigra berhenti tepat di bawah pusar, kamu mengandung bayi perempuan.

SHUTTERSTOCK |

2. Posisi Perut

Jika tonjolan perut tinggi atau berada di dekat ulu hati, artinya kamu hamil bayi perempuan. tapi jika tonjolan perut rendah atau di bawah, kamu siap menyambut hadirnya bayi laki-laki.

3. Kulit Kering

Kulit kering yang dialami selama hamil, bisa memprediksi bahwa kamu sedang mengandung anak laki-laki. Tapi jika kulitmu bisa selembut sutra, kamu dipercaya akan melahirkan bayi perempuan.

4. Suka Makanan Manis

Selama ngidam, kamu bisa perhatikan jenis makanan apa yang kamu inginkan. Jika lebih suka makan makanan manis seperti cokelat, es kri, atau permen, tandanya kamu hamil anak perempuan. Tapi jika kamu mendadak suka makanan asin dan asam, kamu sedang mengandung seorang jagoan.

Baca juga: Mengenal Mastitis dan Cara Mengatasinya

SHUTTERSTOCK |

5. Jerawat

Sungguh lucu tapi itulah mitos. Katanya, jika selama hamil wajahmu penuh ditumbuhi jerawat, artinya kamu sedang mengandung anak perempuan. Dan jika wajahmu mulus, kamu sedang hamil anak laki-laki.

6. Morning Sickness

Morning sickness dialami oleh hampir semua ibu hamil. Namun menurut kepercayaan kuno, jika mornig sickness yang dialami sangat parah, itu tandanya kamu sedang hamil anak perempuan. dan jika kamu hanya mual dan muntah sesekali, itu tandanya kamu mengandung bayi laki-laki.

7. Bentuk Perut

Kamu pernah berpapasan dengan orang yang menebak kamu hamil anak laki-laki karena melihat bentuk perutmu yang bulat sempurna seperti bola basket? Karena bentuk perut secara fisik juga menjadi salah satu kunci kepercayaan menebak jenis kelamin bayi. jika bentuk perutmu besar dan melebar, itu tandanya kamu hamil anak perempuan.

Semua mitos tadi, asyik dan menyenangkan untuk didengar ibu hamil. Tapi kalau mau akurat, kamu bisa mempercayai ucapan dokter yang melakukan USG pada perutmu.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono