Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

10 Must-Have Items Untuk Ibu Hamil

author
Isna Triyono
Kamis, 7 Februari 2019 | 12:30 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kehamilan adalah pengalaman menakjubkan yang enggak akan terlupakan.

Perasaan kurang nyaman karena morning sickness, susah tidur, hingga stretch marks kerap dialami. Namun semua itu langsung terbayar lunas ketika melihat buat hati terlahir dengan selamat.

Dan 10 must have items untuk ibu hamil ini bisa membuat 9 bulan kehamilan berjalan nyaman.

1. Bantal Hamil (Maternity Pillows)

Barang ini ada di top list 10 must have items ibu hamil karena sangat membantu dan membuat bumil nyaman. Keluhan sulit tidur, sakit pinggang, atau kaki kram bisa mereda dengan menggunakan bantal ini.

Baca juga: Tips Pumping Agar Stok ASI Melimpah

2. Vitamin Kehamilan

Dari asalm folat sampai omega-3 adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan ibu hamil untuk memastikan bayi terlahir dalam keadaan sehat. Selain itu, ibu hamil juga perlu vitamin atau permen pereda mual.

3. Baju Hamil yang Nyaman

Keluhan morning sickness, kram, atau ketidaknyamanan yang lain bisa sedikit diredam dengan memakai baju-baju hamil yang nyaman.

4. Celana Hamil, Termasuk Jeans

Perut yang semakin membesar setiap bulan membutuhkan celana melar yang bisa dipakai dengan nyaman oleh ibu hamil. Begitupun celana jeans, pilih yang melar dan khusus untuk ibu hamil.

5. Bra Ukuran Besar

Semua tubuh ikut mengalami perubahan selama hamil, termasuk payudara. Sediakan bra dengan ukuran yang lebih besar agar kamu nyaman memakainya.

6. Losion Anti Stretch Mark

Stretch marks hampri dialami oleh semua ibu hamil. Agar tidak terlalu meninggalkan bekas yang menganggu di kulit perut, kamu butuh losion anti stretch marks. Gunakan losion ini secara rutin, meski perutmu belum membesar sama sekali.

SHUTTERSTOCK |

7. Sepatu dan Sandal

Pilih sepatu dan sandal yang ukurannya satu angka di atas yang biasa kamu pakai. Selama hamil, kaki mungkin akan mengalami pembengkakan dan juga mudah lelah. Sepatu dan sandal yang nyaman bisa mengurangi hal tadi.

8. Produk Kecantikan yang Aman

Selama hamil, sebaiknya periksa kembali produk kecantikan yang kamu pakai selama ini. Pilih produk kecantikan yang memiliki kandungan aman bagi ibu hamil.

Baca juga: Mengenal Mastitis dan Cara Mengatasinya

9. Aplikasi Panduan Kehamilan

Saat ini sudah banyak aplikasi panduan kehamilan yang bisa kamu download. Bukan saja memberi panduan soal tumbuh kembang janin, tetapi juga beberapa menyediakan alternative nama bayi.

10. Dokumentasi Kehamilan

Misalnya kamu bisa membeli kaos yang bertuliskan usia kandungan kamu, mulai dari 1-9 bulan. Beberapa kaos ini juga menuliskan dalam hitungan minggu. Foto setiap bulan dengan kaos tersebut dan upload di media sosial sebagai dokumentasi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono