If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Hindari Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 5 Februari 2019 | 16:37 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Meski terlihat bersih dan wangi, kabin penumpang pesawat terbang sebetulnya merupakan area yang dipenuhi kuman. Sebaiknya hindari melakukan 6 hal ini saat naik pesawat udara.

1. Telanjang Kaki

Kru kabin pesawat terbang pasti akan langsung mengingatkan penumpang yang bertelanjang kaki. Ia tahu, lantai pesawat terbang adalah tempat yang penuh dengan kuman, mulai kotoran sisa makanan, muntah, bahkan darah. Belum lagi pecahan gelas yang terjatuh dan belum dibersihkan.

2. Duduk Terus Menerus

Saat berada di dalam pesawat, penumpang beresiko mengalami deep vein thrombosis (DVT), salah satu tipe penyumbatan pembuluh darah yang biasanya terjadi di bagian kaki. DVT sering juga disebut “sindrom penumpang kelas ekonomi” akibat ruangan kelas ekonomi yang terbatas sehingga sulit menggerakkan kaki. Sebaiknya berjalan-jalan atau berdiri dan lemaskan tubuh selama beberapa menit untuk melancarkan peredaran darah.

| SHUTTERSTOCK

3. Mematikan AC

Jika kamu kedinginan di dalam kabin pesawat terbang, lebih baik gunakan baju hangat atau jaket daripada mematikan AC yang ada di atas kepala. Hembusan AC di. pesawat terbang disetel sedemikian rupa sehingga kuman tak sempat memasuki area tubuh penumpang.

4. Kurang Minum

Kabin pesawat memiliki tingkat kelembapan udara yang rendah. Ini karena ruangan kabin didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai area tertinggi dimana manusia masih mampu menerima pasokan oksigen, biasanya di ketinggian sekitar 1500 hingga 2500 meter (menurut WHO). Jadi, banyak-banyak minum saat menjalani penerbangan supaya tidak mengalami dehidrasi.

Baca juga: Ini 7 Kebiasaan Perempuan Bahagia

5. Bersandar Di Jendela

Menyandarkan kepala di jendela pesawat sambil menikmati pemandangan di luar atau tidur memang nyaman. Tetapi, jika hampir setiap penumpang melakukan hal serupa, terbayang, kan, berapa juta kuman yang menempel di sana. Apalagi jika orang sedang sakit, batuk-batuk atau bersin-bersin di sana. Sandarkan kepala di headrest lebih aman, atau pakai masker.

6. Bercelana Pendek

Bercelana pendek di dalam pesawat? Tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi, semua sudut dan tempat di dalam kabin pesawat adalah tempat dimana kuman bersarang, termasuk tempat duduk. Jadi, makin terbuka tubuh, makin besar pula kemungkinan terpapar kuman, termasuk area kaki. So, lebih baik kenakan baju lengkap dan tebal. Selain menghindarkan dari paparan kuman, tubuh juga lebih hangat.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro