There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

5 Tips Agar Si Kecil Bisa Menghargai Orang Lain

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 9 Maret 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Sering sekali kita lihat di tempat-tempat umum orang bersikap mau menang sendiri dan tak  mau menghargai orang lain. Perilaku menghargai atau menghormati orang lain ini sebaiknya diajarkan ke anak sejak dini karena sangat penting bagi kehidupan anak kelak. Begini caranya.

 

1. Tetap tenang

Orangtua sebaiknya tidak bereaksi berlebihan ketika anak bersikap tak hormat pada orang lain. Di usia balita, bisa jadi anak belum tahu arti menghormati orang lain, atau anak tidak memerhatikan apakah tindakannya itu tidak menghargai orang lain.

2. Beri contoh

Kita tak bisa mengajarkan bagaimana menghargai orang lain sementara kita sendiri tidak menunjukkan sikap menghargai orang lain, termasuk kepada anak-anak. Hargai anak sebagai individu yang memiliki sifat dan kecenderungan berbeda-beda. Biarkan mereka bebas untuk menentukan atau membuat keputusan sendiri. Tentu, orangtua tetap mengawasi dan menjaga anak.

 

| SHUTTERSTOCK

3. Gunakan disiplin positif

Gunakan disiplin tanpa menghukum, lebih-lebih hukuman fisik. Tunjukkan pada anak bagaimana cara menghargai orang lain sekalipun orang lain itu membuat kesalahan atau masalah. Ingat, tak ada manusia yang sempurna, kita semua pernah berbuat kesalahan, jadi tak ada gunanya bersikap kasar.

Baca juga: Anak Lelet? Begini Yang Harus Dilakukan Orangtua

4. Jangan paksa anak

Jangan meminta anak untuk menghormati hanya karena kita adalah orangtua mereka.  Penghargaan datang dari hati yang tulus, bukan yang diberikan karena diminta. Tunjukkan dan beri contoh pada anak bahwa dengan menghargai orang lain, orang lain pun akan melakukan hal serupa tanpa diminta.

5. Jangan ragu meminta maaf

Semakin dewasa anak, mereka akan belajar bertanggungjawab dan meminta maaf ketika membuat kesalahan. Orangtua sebaiknya banyak memberikan contoh bagaimana caranya meminta maaf akibat kesalahan yang telah dibuat. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro