Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Riset! Ibu Baru Lebih Pilih Membeli Produk Susu, Berbeda dengan Ibu yang Berpengalaman

author
Dewi Shinta N
Jumat, 25 Juli 2025 | 16:24 WIB
|

Bun, ternyata perjalanan menjadi ibu memengaruhi preferensi kebutuhan membeli produk Si Kecil. Apa kamu juga begitu?

Data terbaru dari YouGov mengungkap pertimbangan dan loyalitas terhadap brand berubah seiring pengalaman orang tua.

Dalam surveinya, YouGov membagi responden menjadi dua segmen Ibu baru Ibu dengan anak pertama berusia 0–5 tahun dan ibu berpengalaman dengan lebih dari satu anak, di mana salah satu anaknya masih berusia 0–5 tahun.

Data menunjukkan bahwa ibu baru sangat cenderung memilih produk susu, dengan Ultra Milk, Bear Brand, dan Cimory mendominasi brand yang paling banyak dipertimbangkan. Namun, seiring bertambahnya pengalaman, pilihan brand semakin beragam mencakup makanan ringan, produk kemasan, dan perawatan pribadi.

Baca juga: Dipaksa Berhubungan Seksual oleh Suami? Waspada "Marital Rape"!

Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia & India mengungkap data ini menunjukkan bagaimana hubungan konsumen dengan brand berkembang seiring kepercayaan diri dan kebutuhan rumah tangga yang makin kompleks.

Di kalangan ibu baru, lima brand teratas yang paling banyak dipertimbangkan adalah produk susu. Sedangkan bagi yang sudah memiliki anak sebelumnya lebih banyak pertimbangan di mana salahsatunya pada kategori camilan dan makanan ringan, seiring pertumbuhan anak dan kompleksitas rutinitas rumah tangga.

Data YouGov BrandIndex menunjukkan bahwa beberapa brand susu mengalami peningkatan signifikan di kalangan ibu baru dibandingkan periode sebelumnya, seperti:

Baca juga: Orang Tua Habiskan 67 Jam Setahun untuk Nego soal Makanan dengan Anak

  • Ultra Milk tetap unggul di kedua segmen, namun di kalangan ibu baru terjadi kenaikan 7,2 poin
  • Bear Brand naik 7,4 poin, Greenfields naik 9,1 poin, dan Cimory naik 6,5 poin—semuanya mencatat peningkatan signifikan di segmen ibu baru.

Laporan ini didasarkan pada data YouGov BrandIndex yang dikumpulkan pada Juni 2025, mencakup ibu dengan anak di bawah usia 18 tahun di Indonesia. Segmentasi dilakukan berdasarkan status sebagai ibu baru dan ibu berpengalaman, mencakup kategori Minuman, Makanan Ringan, Perawatan Anak, dan Toko Mainan.

Ternyata perjalanan menjadi ibu memengaruhi preferensi kebutuhan membeli produk Si Kecil. Apa kamu juga begitu, Bun? Yuk, share pengalaman kamu dalam memutuskan membeli kebutuhan Si Kecil!

Penulis Dewi Shinta N
Editor Dewi Shinta N