What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

10 Benda Yang Wajib Ada Di Kotak P3K Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 23 Oktober 2018 | 13:13 WIB
Shutterstock |

 

Memiliki bayi artinya Bunda harus selalu siap siaga untuk segala kemungkinan atau situasi. Termasuk ketika bayi demam, kena biang keringat, ruam popok, terbentur, dan sebagainya. No worries, Bunda. Siapkan saja kotak P3K khusus bayi untuk pertolongan pertama. Apa saja isinya?

 

1. Termometer digital, untuk mengukur suhu badan bayi yang demam. Bunda jadi bisa menentukan kapan bayi harus segera dibawa ke dokter atau masih bisa dirawat di rumah.

2. Obat cair pereda nyeri, bisa yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Jangan lupa sendok ukur agar selalu tersedia dan berikan sesuai dosis yang direkomendasikan dokter.

3. Salep, untuk kulit terbakar atau ruam.

4. Krim antiseptik, untuk luka dan goresan agar membantu mencegah infeksi.

5. Kantong es, untuk mengompres luka terkena benda tumpul seperti benjol atau bengkak.

6. Tisu antiseptik, untuk membersihkan luka, membuang kotoran atau debu di pusat luka.

7. Plester dengan perekat.

8. Kain kasa dan perban berbagai ukuran.

9.Krim antihistamin, untuk mengobati luka gigitan serangga.

10. Buku panduan P3K yang berisi tentang panduan pemberian napas buatan, pertolongan pada luka bakar, atau saat tersedak.

 

Shutterstock |

 

Pastikan obat-obatan yang berada di kotak P3K belum kedaluwarsa dan periksa secara berkala. Dan, letakkan kotak P3K di tempat yang sulit dijangkau anak.

Penulis Isna Triyono
Editor Hasto Prianggoro