You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

5 Tips Cegah Kulit Menghitam Selama Kehamilan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 24 Oktober 2018 | 14:56 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Salah satu perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil adalah beberapa area kulit yang menghitam karena fluktuasi hormon. Cegah dengan 5 tips mudah berikut ini.

 

1.Pelindung Wajah

Gunakan pelindung wajah dan tubuh ketika berkegiatan outdoor. Bawa selalu payung, topi, syal, masker, jaket, atau sunglasses.

2. Sunscreen

Pilih sunscreen minimal SPF 30 yang aman untuk ibu hamil. Hindari kandungan para-aminobenzoic acid (PABA) yang bisa memicu alergi.

3. Skincare

Hamil bukan berarti tidak merawat tubuh. Gunakan skincare yang tepat dan aman bagi ibu hamil. sama seperti sunscreen, pastikan memilih skincare yang aman untuk ibu hamil.

Hindari kandungan bahan-bahan kimia, seperti retinoid, benzoyl peroxide, tetracycline, beta hidroxy acid, salicylic acid oral, hydroquinone,  aluminium chloride, formaline, toluene, phthalate, paraben, thioglycolic acid, dhietanolamine, kojic acid, alpha hidroxyacid.

4. Bahan Alami

Untuk memperkecil risiko alergi atau sejenisnya, ada baiknya ibu hamil membuat sendiri perawatan tubuh dari bahan alami.

Misalnya, membuat scrub tubuh dari bahan sayuran atau buah-buahan yang dicampur olive oil, madu, susu, argan oil, atau shea butter. Kulit pun lebih halus, lembut dan bebas kusam.

Baca juga: Cerahkan Kulit Wajah dan Leher Dengan Masker Pepaya

5. Jangan Digaruk

Kadang di bagian kulit yang menghitam terasa gatal sehingga tangan tergoda untuk menggaruk. Tapi segara kuatkan niat kamu agar tidak tergoda menggaruk ya, sebab bekasnya akan sulit menghilang.

Redakan gatal dengan mengusapkan minyak telon, minyak zaitun, atau losion pengurang gatal.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Hasto Prianggoro