You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Ketahui 6 Kebaikan Nanas Untuk Kesehatan

author
Hasto Prianggoro
Senin, 5 November 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Buah tropis yang rasanya asam manis dan mudah ditemukan ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.Apa saja kebaikan nanas untuk kesehatan tubuh kita?

Nanas disebut juga low-calorie fruit. Dalam satu cangkir nanas terkandung protein, karbohidrat, serat, mangan, folat, magnesium, niacin, potassium, lemak, vitamin C, K, A, thiamin, riboflavin, zat besi, zinc, kalsium, fosfor.

  1. Pencernaan

Enzim pencernaan bromelain yang ada pada nanas membantu melancarkan pencernaan.

Cara kerjanya, bromelain memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptides sehingga mudah diserap. Sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pankreas.

Yuk, konsumsi nanas dalam bentuk buah potong maupun jus. Dikonsumsi tanpa gula tambahan jauh lebih baik.

  1. Imunitas Tubuh

Bromelain juga berfungsi mengurangi bengkak, meredakan nyeri otot, mengurangi keluhan asma, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Sebuah studi menemukan, anak-anak yang mengonsumsi nanas memperlihatkan angka risiko lebih rendah terpapar bakteri dan infeksi virus.

  1. Penyakit Berat

Kandungan antioksidan flavonoids dan asam fenolic membantu mengurangi risiko penyakit berat seperti diabetes dan jantung.

Selain itu bromelain juga membantu memperkecil risiko kanker, terutama kanker payudara, kanker kulit, kanker kolon.

  1. Symptom Arthritis

Pada orang lanjut usia, symptom arthritis menjadi penyakit langganan. Salah satu tanda yang biasa muncul adalah radang sendi. Nanas dengan kandungan bromelainnya bisa meredakan rasa nyeri peradangan tersebut.

 Baca juga: Begini Caranya Bikin Smoothie yang Baik Untuk Diet Keto, Plus 4 Minuman Lainnya

  1. Pemulihan Pasca Operasi

Mengonsumsi nanas dapat mempercepat pemulihan pasca operasi. Bromelain membantu meredakan peradangan pada jaringan-jaringan tubuh dan mengembalikan energi tubuh yang hilang.

  1. Kesehatan Mata

Vitamin C, antioksidan dan mineral seperti potassium dan mangan pada nanas ternyata  menurunkan risiko degenerasi kesehatan mata. Nanas juga mengandung betakaroten yang menyehatkan mata.

 

  • ALITA/DOK.KANYA.ID | ALITA/DOK.KANYA.ID
  • ALITA/DOK.KANYA.ID | ALITA/DOK.KANYA.ID
  • ALITA/DOK.KANYA.ID | ALITA/DOK.KANYA.ID
Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi