I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Begini Caranya Bikin Smoothie yang Baik Untuk Diet Keto, Plus 4 Minuman Lainnya

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 2 November 2018 | 16:11 WIB
SHUTTERSTOCK | SHUTTERSTOCK

Prinsip diet keto adalah membentuk ketosis sebagai bahan bakar baru untuk membakar lemak, menggantikan karbohidrat atau protein. Asupan makan maupun minuman harus sangat diperhatikan oleh para pengikut diet ini. Nah, minuman apa saja yang baik bagi diet keto, berikut 5 di antaranya.

1.Air Lemon

Air mineral biasa merupakan pilihan minuman yang paling baik bagi mereka yang tengah melakukan diet keto. Tapi tak ada salahnya menambahkan perasan lemon ke dalamnya. Jumlah kandungan karbonya tidak seberapa, kok. Minum sebelum makan juga terbukti efektif untuk mengekang napsu makan.

2.Soda Diet

Sebagian besar minuman soda diet dan minuman yang berpemanis buatan memiliki kandungan karbo 0 gram. Jadi, bisa menjadi pilihan bagi yang tengah menjalani diet keto. Lagipula, tak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa penggunaan pemanis bebas karbo akan mengganggu diet yang sedang dijalani.

Terlebih dulu, cek Nutrition Facts pada kemasan minuman, pastikan minuman tersebut mengandung kurang dari 5 gram gula atau kandungan karbohidratnya tak lebih dari 20 kalori.

Baca juga: 15 Bahan Makanan Wajib Hindar Saat Melakukan Detoksifikasi

3.Susu

Mereka yang tengah menjalani diet keto bisa minum susu sapi tanpa takut dietnya terganggu. Setengah cangkir susu mengandung 6 gram karbo (24 kalori), 4 gram protein, dan nutrisi lain seperti kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin D.

SHUTTERSTOCK |

4.Susu Almond

Susu kacang almond tanpa gula atau pemanis bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang tengah menjalani diet keto karena kandungan kalorinya yang rendah. Piih merek susu almond yang mengandung kalsium dan vitamin A.  

Baca juga: Almond dan Kenari, Mana yang Lebih Sehat?

5.Smoothie

Minuman smoothie biasanya banyak mengandung gula meskipun bahan dasarnya adalah buah dan susu.

Cara terbaik untuk mendapatkan smoothie yang sehat bagi diet deto adalah dengan membuat smoothie berbahan dasar lemak seperti selai kacang, avokad, atau minyak zaitun. Tambahkan sayuran rendah karbo seperti mentimun atau seledri, plus sedikit buah seperti beri, apel, atau pir. Gunakan air es, air mineral, atau susu almond.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi