A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

7 Fakta Mengejutkan Tentang Uang

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 10:32 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sehari-hari kita akrab dengan benda satu ini. Namun, tahukah kamu, ada banyak fakta mengejutkan tentang uang yang belum banyak diketahui orang?

 

1.Sarang Bakteri

Studi tahun 2012 menemukan fakta, hampir 94% uang kertas dolar AS yang beredar mengandung bakteri, 7% di antaranya bisa menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk pneumonia. Virus flu, yang hanya mampu bertahan 2 hari di luar tubuh manusia, mampu bertahan hidup di lembaran uang kertas selama 10 hari.

2.Masa Edar

Dibutuhkan 8000 kali lipatan sebelum uang kertas dianggap rusak atau tak layak edar lagi. Masa edar uang kertas sendiri tergantung besaran pecahannya. Di AS, pecahan 1 dolar memiliki masa edar sekitar 5,9 tahun, sementara pecahan 100 dolar bisa bertahan selama 15 tahun.

 

SHUTTERSTOCK |

3.Uang Monopoly

Tahukah kamu, jumlah uang kertas yang dicetak di AS masih kalah dibandingkan jumlah nominal uang kertas mainan papan Monopoly yang populer itu. Tahun 2014, jumlah uang kertas Monopoly yang dicetak bernilai 50 miliar dolar, sementara jumlah uang kertas dolar yang dicetak hanya 1,3 miliar dolar.

4.Jejak Kokain

Penelitian di AS menemukan fakta, sekitar 90-94% uang kertas dolar AS yang beredar memiliki jejak kokain di dalamnya. Ini berkaitan dengan besarnya jumlah uang kertas yang digunakan untuk transaksi para penyelundup kokain. Selain itu juga karena banyaknya uang kertas dolar AS yang dilinting untuk menghirup bubuk kokain melalui hidung.

 

5.Uang Digital

Saat ini adalah era dunia digital. Dan ternyata, hanya sekitar 8% “uang” yang beredar di seluruh dunia yang berupa uang fisik. Sisanya merupakan uang digital yang ditransaksikan melalui internet atau gadget, baik untuk berbelanja online maupun transaksi keuangan lainnya.

 

SHUTTERSTOCK |

6.Digerogoti Tikus

Masih ingat Pablo Escobar, gembong narkoba dari Kolombia? Saking kayanya sang gembong, ia rela kehilangan 1 miliar duitnya digerogoti tikus. Ya, tikus beneran. Uang itu disimpan di dalam gudang rumah Escobar, bertumpuk-tumpuk. Saking banyaknya, bahkan sang empunya pun tak lagi mampu menghitung jumlahnya.

7.Pecahan Uang Kertas

Pecahan uang kertas dolar AS yang pernah dicetak Bureau of Engraving and Printing AS adalah 100.000 dolar AS bertahun cetak 1934 dan 1935. Pecahan itu digunakan hanya untuk keperluan bisnis antarbank, dan bukan digunakan oleh masyakarat banyak. Kini, pecahan uang kertas dolar AS terbesar yang dicetak adalah 100 dolar AS.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro