Think like a queen. A queen is not afraid of fail. Failure is another stepping stone to greatness.
Oprah Winfrey

8 Langkah Agar Keuangan Selalu Aman

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 16:06 WIB
SHUTERSTOCK |

 

Tak ada kata terlambat untuk mulai mengatur keuangan. Apa saja yang harus dilakukan agar kondisi keuangan kamu selalu aman? Ikuti 8 langkah berikut ini.

 

1.Buat rencana anggaran

Mengetahui cashflow setiap bulan sangat penting. Dan cara paling baik untuk mengatur cash flow adalah membuat rencana anggaran dan mematuhinya.

2.Seandainya kamu punya utang

Berutang boleh-boleh saja, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan untuk melunasinya. Kuncinya, jangan menunda untuk melunasi utang.

3.Jangan menunda membayar kartu kredit

Biasakan segera melunasi tagihan kartu kredit. Jika tak mampu melunasi tagihan tiap bulan, lupakan kartu kredit, atau kamu akan terbelit utang bunga berbunga.

4.Mulai menabung

Siapkan dana darurat lebih dulu, baru setelah itu investasi. Caranya, dengan menabung. Menabunglah untuk dana cadangan. Setelah enam bulan dana cadangan terkumpul, barulah mulai berinvestasi. Jangan lupa, siapkan juga tabungan pensiun

Baca juga: 7 Kunci Sukses Berinvestasi

5.Tak usah membandingkan dengan orang lain

Sukses finansial ibarat maraton, bukan lomba adu cepat. Jadi, tak perlu mengikuti atau membandingkan dengan teman atau orang lain. Tak perlu iri melihat teman kantor yang menghabiskan duit untuk bersenang-senang. Ikuti saja manajemen keuangan yang sudah disusun. 

6.Jangan malas baca buku tentang pengaturan keuangan

Kedengarannya klise, ya, tapi menambah pengetahuan tentang manajemen keuangan terbukti sangat membantu mengatur keuangan agar selalu aman.

SHUTTERSTOCK |

7.Jadilah perencana keuangan pribadi

Catat dan atur semua hal yang berkaitan dengan kondisi keuangan kamu, mulai pemasukan, pengeluaran, utang, investasi aset, dan sebagainya.

8.Tentukan tujuan finansial

Yang paling penting adalah menyiapkan dan menentukan tujuan finansial. Tentukan apa yang hendak kamu capai, lalu buatlah tujuan finansial. Tujuan finansial ini harus spesifik, terukur, realistis, dan tepat pada waktunya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro