What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

7 Kunci Sukses Berinvestasi

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:31 WIB
SHUTTERSTOCK |

Banyak orang tertarik berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding menabung secara konvensional. Namun, perhatikan beberapa hal yang bisa membuat kamu sukses berinvestasi.

 

1.Tentukan Tujuan Finansial

Tanpa tujuan, kamu tidak akan tahu berapa banyak yang harus diinvestasikan dan investasi seperti apa yang sebaiknya dipilih, termasuk jangka waktu investasi.

2.Kenali Jenis-jenis Investasi

Memahami seluk-beluk investasi akan membantu dalam memilih jenis investasi yang tepat.

3.Faktor Risiko

Setiap jenis investasi memiliki risiko. Nah, seberapa besar risiko yang mampu ditanggung, kecil, sedang, atau risiko tinggi, harus dipertimbangkan.

4.Imbal Hasil Investasi

Tentukan imbal hasil investasi yang diharapkan, berdasarkan risiko investasi yang sudah ditetapkan. Ingat, semakin tinggi risiko investasi, semakin besar pula imbal hasil yang diperoleh.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Menjanjikan

5.Periode Investasi

Periode investasi, jangka pendek, menengah, atau panjang, akan akan menentukan banyak hal, seperti jenis investasi yang dipilih hingga faktor risiko.

6.Pahami Tren pasar

Perhatikan tren pasar, apakah trennya sedang naik atau turun. Memahami tren pasar akan membantu menentukan kapan melepas aset, kapan menambah modal investasi, dan sebagainya.

7.Banyak Keranjang

Jangan hanya menempatkan dana pada satu instrumen investasi, melainkan taruh ke dalam beberapa instrumen investasi agar peluang sukses lebih besar.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro