A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

6 Cara Agar Anak Gemar Membaca

author
Hasto Prianggoro
Senin, 5 November 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Anak zaman sekarang lebih akrab dengan gadget. Tapi, ada cara agar anak juga suka membaca buku, kok. Ini 6 di antaranya:

1.Jadilah role model

Ingat, anak meniru perilaku orang-orang dewasa, khususnya orang tua, di sekitar mereka. Jadi, jika anak melihat orang tuanya doyan makan junk food, mereka pun akan suka junk food. Jika orang tua suka membaca, anak-anak mereka pun akan hobi membaca.

2.Buatlah ruangan bertema

Ruangan atau kamar yang tenang, nyaman, dengan rak penuh buku bacaan akan mendorong anak terbiasa dikelilingi buku, dan akhirnya hobi membaca.

Tak ada salahnya orang tua membuat ruangan atau kamar bertema agar anak lebih betah berada di dalamnya. Misalnya ruangan bertema ocean dengan rak buku berwarna biru laut. Atau kamar dengan hiasan pesawat angkasa luar untuk menarik minat anak pada ruang angkasa. Jangan heran jika anak akan sangat menikmati berada di dalam ruangan dan membaca buku.

Baca juga: 10 Tips Memilih Dekorasi dan Furnitur Kamar Anak

3.Bawa buku ke kehidupan nyata

Jika Anak menyukai buku tentang binatang, ajak mereka ke kebun binatang, kenalkan mereka pada binatang sesuai dengan karakter dalam buku yang mereka baca. Jika anak suka buku tentang planet dan bintang, ajak anak mengunjungi planetarium. Ini akan menambah pengalaman anak dan membuat mereka makin keranjingan membaca buku. 

Baca juga: Main Video Games Justru Bisa Picu Anak Rajin Berolahraga?

4.Tonton filmnya setelah membaca bukunya

Banyak film yang dibuat berdasarkan novel atau buku cerita. Contohnya Jungle Book, Charlie and The Chocolate Factory, Harry Potter, dan banyak lagi. Usai membaca buku, ajak anak untuk juga melihat filmnya. Ini akan membuat mereka terkesan dengan cerita dalam buku dan film, sehingga tergerak untuk terus membaca.

5.Tanyakan ke anak

Setelah anak selesai membaca satu judul buku, tanyakan apa yang ia dapat dari buku tersebut. Karakter mana yang paling ia suka, bagaimana akhir cerita, apakah ia suka dengan akhir cerita, dan sebagainya. Ini akan membuat anak terbiasa memahami isi dan moral cerita dari buku yang ia baca.

6.Jadikan buku sebagai hadiah

Berikan buku sebagai hadiah ulang tahun anak. Ajarkan pada anak untuk juga memberikan buku sebagai hadiah ulang tahun teman atau saudaranya. Minta anak menuliskan kenapa buku itu yang ia pilih sebagai hadiah ulang tahun. Ini akan mengajarkan kepada anak bahwa buku juga menjadi alat untuk berhubungan dengan orang lain.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi