You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

5 Tips Mencegah Cegukan Pada Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 6 November 2018 | 19:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Cegukan adalah hal yang biasa terjadi pada bayi. Pada bayi yang baru lahir, frekuensinya bisa dibilang cukup sering.

Sebenarnya, cegukan enggak membahayakan bagi bayi. Namun sebagai seorang ibu, tentu sedikit merasa was-was dan enggak tega melihat bayi cegukan.

Nah, meski cegukan hampir pasti dialami oleh semua bayi, namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar mencegah bayi cegukan.

1. Beri Makan Saat Tenang

Susui atau beri makan saat bayi dalam kondisi tenang dan tidak menangis. Itu artinya jangan biarkan bayi sampai merasa begitu lapar hingga menangis. Karena ketika bayi terlalu lapar, ia akan menyusu sambil menangis dan itu akan membuka peluang udara ikut masuk ke dalam perut dan dapat menyebabkan cegukan.

SHUTTERSTOCK |


2. Hindari Makanan Pemicu Cegukan

Beberapa menu makanan bunda yang sedang menyusui bisa saja memicu cegukan lebih sering terjadi pada bayi. Kenali produk makanan apa saja yang bisa memicu cegukan tersebut. Misalnya produk susu yang merupakan penyumbang paling umum sensitivitas bayi baru lahir.

Baca juga: 5 Tips dan Manfaat Memijat Bayi

3. Jangan Tertawa Terlalu Kencang

Hindari aktivitas yang berat misalnya bermain sambil melompat-lompat setelah bayi menyusui. Hindari juga bermain yang membuat bayi tertawa terlalu kencang.

4. Menjaga Suhu

Usahakan menjaga bayi tetap dalam keadaan hangat karena cegukan sering kali terjadi karena perubahan suhu yang tiba-tiba dan menyebabkan bayi kedinginan. Misalnya beri selimut setelah bayi selesai dimandikan.

5. Perhatikan Posisi Kepala

Untuk bayi baru saja disusui, perhatikan posisi kepala bayi agar tidak terlalu rendah. Jaga bayi dalam posisi sedikit tegak selama 20-30 menit setelah menyusu.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi