Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Begini Cara Para Dokter Menangkal Flu

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 6 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Flu merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan yang bisa menyerang segala usia. Penyakit ini biasanya akan hilang sendiri asalkan daya tahan tubuh kuat. Namun bagi orang lanjut usia, balita, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah, gejala flu bisa terasa lebih parah dan bahkan bisa fatal akibat komplikasinya. Berikut adalah strategi para dokter untuk mencegah dan mengatasi flu, seperti dikutip health.com

 

1.Minum teh panas

“Saya minum teh hitam atau teh hijau yang dicampur lemon dan madu. Minum teh dan menghirup aroma teh panas akan membantu cilia, bulu di dalam hidung, mengusir kuman secara lebih efektif. Lemon akan mengurangi produksi ingus sementara madu merupakan antibakteri.”

-Murray Grossan, MD, spesialis THT di Cedars-Siai Hospital di Los Angeles.

| SHUTTERSTOCK

 

2.Konsumsi makanan kaya protein

“Penelitian menunjukkan, diet rendah protein dapat menurunkan kekebalan tubuh. Saya biasanya mengonsumsi makanan yang kaya protein setiap hari, khususnya ikan, ayam, dan yoghurt untuk meningkatkan kekebalan tubuh.”

-Dougas Kalman, Ph.D., direktur nutrisi Miami Research Associates.

| SHUTTERSTOCK

 

3.Bersihkan ruangan

“Saya selalu membersihkan benda-benda yang dipegang oleh orang banyak, misalnya microwave, tombol lift, atau pegangan kursi, dengan cairan disinfektan paling tidak seminggu sekali, meskipun benda-benda tersebut kelihatannya bersih. Ini sebetulnya cara sederhana untuk menjaga higienitas. Virus bisa hidup di permukaan benda sampai 2 hari.”

-Philip Tierno, Ph.D., penulis buku The Secret Life of Germs.

Baca juga: 10 Makanan yang Merusak Kulit

| SHUTERSTOCK

 

4.Menahan napas

“Setiap kali saya berpapasan dengan orang yang bersin atau batuk, saya sebisa mungkin membuang/menahan napas sampai berjarak beberapa meter dari orang tersebut. Ini mencegah saya menghirup udara yang mungkin saja sudah terpapar virus flu dari orang tersebut.”

-Stafford Broumand, MD, Ahli bedah plastik di New York City.

| SHUTTERSTOCK

 

5.Cukup tidur

“Saya berusaha tetap bisa tidur di sela kesibukan, meskipun hanya tidur sekejap di dalam pesawat. Penelitian menunjukkan, tubuh membutuhkan tidur selama 7-8 jam untuk menjaga respons kekebalan tubuh terhadap virus. Tidur adalah pertahanan terbaik melawan infeksi.”

-David Katz, MD, founder The Yale University Prevention Research Center dan penulis Disease-Proof: The Remarkable Truth About What Makes Us Well.

Baca juga: Ketahui 6 Kebaikan Nanas Untuk Kesehatan

| SHUTTERSTOCK

 

6.Cuci tangan

"Saya selalu mencuci tangan dan mengeringkannya supaya tidak lembap, karena itu akan menjadi sarang kuman.”

-Diane Berson, MD, profesor dermagologist Pada Weill Cornell Medical College dan dermatolog tamu Pada New York Presbyterian Hospital.

| SHUTTERSTOCK

 

7.Jaga kebersihan ponsel

"Sebagai seorang dokter, saya tak pernah lupa membawa ponsel. Kadang di sela memakai ponsel, saya harus membuka pintu, menekan tombol lift, atau bersalaman dengan kolega maupun pasien. Membersihkan ponsel dengan tisu pembersih akan membantu membunuh kuman yang berada di ponsel dan dekat ke mulut dan wajah saya setiap kali menggunakan ponsel tersebut."

-dr. Broumand

| SHUTTERSTOCK

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi