Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Liburan Dengan Kapal Pesiar!

author
Isna Triyono
Jumat, 16 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berlibur di atas kapal pesiar menjadi jenis wisata yang mulai banyak digemari ini. Harus kamu coba, nih!

Jika dahulu, liburan di atas kapal pesiar adalah hal yang mustahil karena hanya untuk miliarder saja, saat ini anggapan itu sudah mulai berubah.

Liburan di atas kapal pesiar seperti traveling ke luar negeri pada umumnya. Harga paket-paket yang ditawarkan pun terbilang masuk akal bagi penyuka traveling.

Untuk first-timer liburan di atas kapal pesiar, sebaiknya siapkan 7 hal berikut ini.

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Yang namanya pertama kali, tentu kamu harus cari informasi sebanyak mungkin soal kapal pesiar yang akan kamu tumpangi. Misalnya soal harga, fasilitas, sampai rute dan tempat wisata yang akan disinggahi. Jangan lupa, cek lagi tanggal keberangkatan dan akomodasi menuju ke pelabuhan di mana kapal pesiar akan bersandar.

Baca juga: 7 Street Food yang Wajib Dicoba di Korea

SHUTTERSTOCK |

2. Lewat Travel Agent

Untuk first-timer, disarankan untuk membeli tiket lewat travel agent. Di sana kamu bisa bertanya lebih detail soal apa yang harus disiapkan, minta bantuan untuk reservasi jadwal akomodasi menuju kapal pesiar, dan pemberitahuan jika ada perubahan jadwal dan lain sebagainya.

Keuntungan menggunakan travel agent, saat kapal bersandar di tempat wisata, kamu bisa ikut city tour sekalian tanpa pusing lagi mencari akomodasi dan lokasi wisata lokal di sana.

3. Pilih Rute Singkat

Sebagai pengalaman pertama berlayar dengan cruises, pilih rute pelayaran yang singkat, misalnya Malaysia-Singapura-Malaysia. Lama perjalanannya pun kamu bisa pilih 4 hari 3 malam.

Sebenarnya kalaupun memilih rute lebih lama, kamu enggak usah khawatir akan bosan di atas kapal, karena di sana banyak sekali fasilitas dan aktivitas yang bisa kamu jajal, mulai dari spa, berenang, nonton bioskop layar lebar, menyaksikan atraksi, live show, atau wisata keliling galey (dapur tempat chef menyiapkan makanan untuk seluruh penumpang kapal pesiar tersebut).

SHUTTERSTOCK |

4. Baju Santai dan Formal

Saat packing untuk liburan di atas kapal pesiar, pastikan kamu juga membawa baju-baju kasual dan formal. Baju formal dibutuhkan ketika kamu mencoba makan malam di salah satu fine dining. Di sana, kamu harus berpakaian rapi dan formal. Jangan lupa pula untuk membawa baju renang, sepatu olahraga, dan sepatu formal.

Baca juga: 7 Barang Wajib Bawa Saat Naik Pesawat Bersama Anak

5. Ketahui Tentang Ship Card

Selama berada di atas kapal pesiar, semua transaksi dilakukan menggunakan ship card yang akan terhubung dengan tagihan kartu kredit kamu. Ship card ini diberikan ketika kamu check in di atas kapal.

6. Baca Newsletter

Setiap hari di pintu kamarmu akan diberi newsletter yang berisi tentang informasi kegiatan yang bisa kamu ikuti di hari itu. Misalnya di hari itu akan ada live show, biasanya juga langsung tertera nama lokasi, teater apa, dan dek berapa serta jam pertunjukkan.

Jangan pernah abaikan newsletter setiap pagi yang ada di pintu kamarmu kalau enggak mau ketinggalan aktivitas-aktivitas seru.

SHUTTERSTOCK |

7. Bisa Makan Gratis Sepuasnya

Selama 24 jam, akan ada menu prasmanan yang disediakan untuk seluruh penumpang kapal. Kamu bisa ke sana setiap saat. Menunya pun bermacam-macam. Letaknya di setiap kapal berbeda-beda, biasanya akan diinfo melalui newsletter.

Namun jika kamu ingin mencoba makan di restoran, tersedia beberapa fine dining yang bisa kamu coba. Cari infonya di newsletter dan cara booking-nya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi