A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Tips Mengajak Anak Berbelanja

author
Hasto Prianggoro
Senin, 19 November 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Mengajak anak berbelanja ternyata bagus, lo, bagi anak. Anak jadi tahu banyak hal, mulai mengenal warna, melihat proses jual-beli, juga belajar bertanggung jawab. Namun, ada banyak hal yang harus dipahami orang tua agar anak bisa nyaman saat ikut berbelanja.

1.Rencanakan Jadwal Belanja

Siapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum berangkat ke pasar/supermarket, termasuk menyiapkan keperluan si Kecil. Sebisa mungkin, susun daftar belanja seefisien mungkin, jadi Bunda tak harus bolak-balik menyusuri rak yang sama, yang akan memakan waktu.

2.Jadwalkan Dan Buat Perjanjian

Terkadang anak justru mengganggu saat berada di pasar/supermarket. Ini bisa jadi karena anak lapar, bosan, atau capek. Sesuaikan jadwal berbelanja dengan jadwal si Kecil. Misalnya, jangan mengajak anak berbelanja pada jam-jam ia biasa tidur siang. Jangan lupa, beri anak makan sebelum berangkat ke pasar/spermarket supaya ia tidak lapar selama berbelanja.

Bikin perjanjian, misalnya minta anak tidak rewel selama di pasar atau tidak meminta mainan atau jajanan tertentu yang tidak ada dalam daftar belanja. Jangan ragu untuk bersikap tegas ketika anak merajuk meminta mainan atau jajanan.

Baca juga: 7 Cara Agar Si Kecil “Doyan Omong”

3.Kenali Lokasi

Tak jarang, ketika asyik berbelanja, anak meminta buang air Kecil atau BAB. Meski terlihat sepele, ini bisa merepotkan, apalagi jika Bunda tidak hapal lokasi toilet. Ada baiknya Bunda memilih pasar/supermarket langganan yang sudah Bunda hapal seluk-beluk lokasinya, termasuk hapal lokasi toilet.

4.Biarkan Si Kecil Membantu

Meminta anak untuk membantu berbelanja akan membuat anak merasa diberi tanggung jawab. Hal-hal kecil saja, misanya mengambilkan barang belanjaan, atau sekedar mendorong kereta belanja. Ini juga akan membuat anak fokus pada tugas barunya sehingga tak sempat untuk merajuk.

5.Beri Pujian


Jangan lupa beri anak pujian atau rewards ketika ia bersikap baik selama berbelanja di pasar/supermarket.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro