When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

4 Aktivitas Berkebun Yang Membantu Membakar Kalori

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 20 November 2018 | 10:00 WIB
Young woman autumn gardening backyard planting tools housework flowerbed; Shutterstock ID 153715067; | SHUTTERSTOCK

Berkebun ternyata memberi dampak positif bagi kesehatan. Bahkan, menurut survei yang dilakukan the Royal Horticultural Society for National Gardening Week, 80% orang-orang yang suka berkebun mengaku merasa lebih sehat dengan berkebun. Sebanyak 70% mengaku lengan mereka jadi lebih berotot, setengah lagi mengaku paha mereka jadi kuat, sementara sepertiganya mengaku pantat mereka pun jadi lebih berisi.

Tak cuma keuntungan fisik, berkebun juga membawa dampak positif bagi mental mereka. “Secara psikis, saya jadi lebih bersemangat setelah berkebun,” aku seorang di antara mereka. Berikut fakta lain soal kenapa berkebun baik bagi kesehatan.

1.Menggali Tanah

Salah satu kegiatan berkebun adalah menggali tanah untuk menanam tanaman. Ternyata, menggali paling tidak 9 lubang akan membakar 150 kalori. Makin banyak yang digali, makin banyak pula kalori yang terbakar,

2.Mencabuti Rumput Liar

Rumput liar atau lumut seringkali muncul di kebun atau taman. Jangan keburu jengkel. Mencabuti rumput lliar atau mengerok lumut yang menempel pada jogging track di taman selama 30 menit bisa membakar 120 kalori, lo, setara dengan bermain voli selama setengah jam juga. Ini karena mengerok lumut atau mencabuti rumput liar membuat otot-otot di tubuh bagian atas ikut aktif bergerak.

Baca juga: 7 Pijatan Atasi Keluhan Kesehatan

3.Memindahkan Tanaman

Lupakan barbel atau dumbel. Cukup dengan memindahkan tanaman dari satu lubang galian atau satu pot ke pot lain, kalori akan terbakar. Jangan lupa berjongkok dengan kedua tumit sebagai penyangga, ya. Ini mirip seperti gerakan squat, jongkok untuk membongkar tanaman, mengangkatnya, dan memindahkan tanaman ke pot atau lubang yang baru.

| PINTEREST

4.Memotong Pagar Taman

Tanaman pagar taman sudah tinggi? Jangan segan untuk memotongnya dengan pemotong manual. Pasalnya, memotong pagar tanaman dengan pemotong manual akan membantu membakar kalori tubuh. Semakin cepat kamu bergerak dan memotong, semakin banyak pula kalori yang terbakar, sekitar 165 kalori untuk aktivitas ini selama 30 menit.

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro