Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Yuk, Cek 5 Manfaat Donor Darah

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 21 November 2018 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tak hanya membantu sesama, mendonorkan darah ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat donor darah, berikut penjelasan dr. Rizky Andrean Ananda dari RS Medika Permata Hijau.

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah bisa stabil, sehingga oksidasi kolesterol dapat terkontrol, yang merupakan faktor risiko serangan jantung dan stroke.

2.Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sumsum tulang belakang akan distimulasi membentuk darah yang baru, karena berkurangnya sel darah merah akibat donor darah. Dengan begitu, pendonor akan mendapatkan pasokan darah baru yang segar.

3.Membantu Menurunkan Berat Badan

Mendonorkan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran kalori sebesar sekitar 650 kalori.

| SHUTTERSTOCK

4.Sehat Secara Psikologis

Menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan adalah hal yang tak ternilai harganya yang membuat kita merasa puas.

5.Mendeteksi Penyakit Serius

Setiap kali kita mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah akan diperiksa dari berbagai macam penyakit  seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, sifilis dan malaria. Selain itu, sebelum dilakukan donor darah, pendonor akan mendapatkan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, dan suhu tubuh sehingga penyakit serius akan terdeteksi.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro