When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

6 Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 14 Desember 2018 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Mencoba berbagai program diet tetapi tak pernah sukses dan berat badan tak pernah turun? Mengurangi porsi makan hanya merupakan solusi sementara, lain hanya jika menu makanan sehat dijadikan sebagai gaya hidup. Nah, berikut 6 gaya hidup sehat yang bisa menjaga berat badan tetap terjaga.

1.Protein jadi prioritas

Protein akan membuat kita kenyang lebih lama karena proses metabolismenya yang lambat. Cemilan kombo berupa keju, anggur, daun seledri, dan selai kacang bisa menjadi pilihan. Bonusnya, protein juga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2.Makan di meja makan

Dunia yang serba cepat membuat orang sibuk dengan berbagai urusan, mulai pekerjaan, kuliah, olahraga, dan sebagainya. Tapi, jangan lupakan makan di meja makan. Tak hanya baik untuk menjaga hubungan dengan keluarga, makan di meja makan juga bagus untuk kesehatan. Makan di meja makan membuat kita fokus pada makanan. Beda jika kita makan sambil memikirkan pekerjaan, bisa jadi pilihan menunya pun menjadi asal-asalan.

3.Ngemil boleh, asal…

Tak perlu merasa berdosa karena ngemil. Ngemil boleh-boleh saja asal pilihan cemilannya sehat dan bisa membuat stamina terjaga untuk aktivitas seharian. Ngemil sebaiknya juga hanya dilakukan pada saat merasa lapar dan bukan karena nggak ada kerjaan, ya.

| SHUTTERSTOCK

4.Kunyah pelan-pelan

Mengunyah merupakan awal makanan diproses setelah masuk ke mulut. Meskipun lebih sering diabaikan, mengunyah secara perlahan membantu enzim saliva  menghancurkan makanan supaya lebih mudah dicerna. Mengunyah secara pelan juga membantu menghindari makan berlebih yang bisa memicu kenaikan berat badan.

 

Baca juga: 10 Zat Gizi Penting Yang Dibutuhkan Perempuan

 

5.Piring kecil untuk porsi kecil

Piring besar berarti porsi besar. Jadi, pilih piring ukuran kecil saat makan agar porsi yang kita mbil pun lebih kecil. Dengan begitu, konsumsi kalori pun akan lebih sedikit. Ini juga akan membuat pikiran terbiasa untuk mengambil porsi kecil.

6.Banyak-banyak minum

Menjaga kadar air tak hanya penting bagi kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga kunci menjaga berat badan. Minum minimal 2 liter air mineral per hari juga mencegah kita minum minuman manis seperti jus atau soft drink. Cara termudah untuk selalu ingat untuk minum air mineral adalah dengan membawa tumbler air mineral sendiri.

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro