Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Hobi Berswafoto Bisa Picu Selfie Elbow, Lo!

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 16 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Otot terasa kaku, pegal, atau nyeri ketika tidur atau bangun tidur bisa jadi merupakan akibat olahraga atau aktivitas fisik berat yang dilakukan sebelumnya. Tapi, jika kamu bangun pagi dan terasa kaku-kaku di lengan padahal sebelumnya tidak melakukan olahraga atau aktivitas berat, bisa jadi kamu mengalami selfie elbow.

Kondisi ini terjadi akibat terlalu sering melakukan swafoto atau selfie, dimana posisi lengan dan siku saat memegang dan menahan kamera membuat otot bekerja lebih keras. Akibatnya, otot-otot di bagian lengan hingga siku tadi menjadi nyeri atau kaku-kaku.

 

Baca juga: Mendadak Loyo, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

 

“Selfie elbow mirip dengan tennis elbow atau golfer elbow pada olahraga tenis dan golf. Rasa sakitnya terasa dari mulai pangkal lengan hingga siku,” kata Mary Ann Wilmarth, ahli terapi fisik kepada the Washington Post.

Mary menambahkan, nyeri yang muncul akibat hobi berswafoto ini terjadi ketika kita mengangkat lengan dan siku, menahannya selama beberapa lama, sambil berupaya memegang smartphone sestabil mungkin supaya foto yang dihasilkan fokus. Padahal, tubuh manusia tidak didesain untuk melakukan gerakan zaman now ini. Beberapa gerakan lain yang juga bisa memicu cedera adalah “gaming thumb”, “swiping finger”, dan “texting neck”.

| SHUTTERSTOCK

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menghindari selfie elbow? “Jangan terlalu sering berswafoto, beri kesempatan lengan untuk beristirahat juga,” kata Mary. Selain itu, olahraga teratur akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan kebugaran fisik. Melakukan peregangan dan pemanasan yang cukup juga bagus untuk menjaga kelenturan otot.

Atau, yang lebih mungkin bisa diterima, ya, memakai tongkat selfie agar lengan dan siku tak terlalu banyak bekerja saat berswafoto.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro