Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

7 Tips Memesan Kamar di Airbnb

author
Isna Triyono
Sabtu, 29 Desember 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berbagai aplikasi untuk menunjang para traveler memesan kamar atau penginapan sudah banyak tersedia. Salah satu yang kerap menjadi langganan penyuka traveling adalah Airbnb.

Situs online yang menyediakan penyewaan kamar, rumah atau apartemen ini cukup banyak di-review para traveler bisa memberikan harga lebih hemat dibanding hotel.

Namun seperti aplikasi lainnya, Airbnb ini juga menuntut ketelitian kita ketika ingin emmesan kamar atau penginapan agar terhindar dari kerugian.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memesan kamar di Airbnb.

  1. Teliti membaca

Ini tips pertama dan sangat penting. Saat memesan penginapan di Airbnb, telitilah membaca semua keterangan tentang akomodasi, peraturan, lokasi, fasilitas yang disediakan. Jika dirasa ada informasi yang kurang jelas, hubungi host (pemilik penginapan) lewat fitur chat yang disediakan di Airbnb.

 Baca juga: Liburan Bareng Si Kecil, Ini 10 Tips Memilih Hotel Ramah Anak 

  1. Gunakan fitur ‘penyaringan’

Fitur ini memudahkan kamu mencari penginapan yang hanya sesuai dengan tanggal liburan, budget sewa per malam, atau lokasi. Jika tidak menggunakan fitur penyaringan, kamu akan dibuat repot lagi memilih di antara ratusan tempat.

 

SHUTTERSTOCK |

  1. Bandingkan harga

Meski banyak yang mengatakan harga di Airbnb lebih miring dibanding hotel, enggak ada salahnya kamu tetap membandingkan harga hotel di sekitar lokasi penginapan dengan kamar yang kamu sewa.

  1. Cari penginapan dengan review baik dan banyak

Review yang baik dengan bintang 5 menandakan tamu-tamu yang pernah memakai akomodasi itu puas dengan fasilitas dan kenyamanannya. Lebih baik lagi jika yang mereview bukan hanya 3-5 tamu, tetapi minimal 10.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun ke Malang, Ini Itinerary 4 Hari 3 Malam

  1. Pilih superhost

Pemilik akomodasi atau disebut host juga punya peringkat hasil review dari orang yang pernah menyewa di akomodasi miliknya. Sebaiknya pilih superhost atau host yang sudah punya 5 tanda bintang. Superhost ini biasanya jaminan kalau dia memperlakukan penyewa dengan sangat baik, ramah, dan helpful.

  1. Pilih host yang dekat dengan tempat penginapan

Airbnb menawarkan beberapa tipe akomodasi yang bisa disewa, yaitu seluruh rumah/apartement (pemilik tidak tinggal di situ), kamar pribadi (pemilik tinggal dalam satu rumah namun di lain kamar), dan berbagi kamar (pemilik dan penyewa berbagi kamar yang sama).

Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika memilih seluruh rumah/apartment, sebaiknya pilih host yang tinggalnya berdekatan dengan akomodasi yang kamu sewa.

Hal ini  berguna jika sewaktu-waktu kamu menemui masalah, maka bisa langsung diselesaikan.

  1. Mode booking akomodasi

Di Airbnb, mereka menyediakan tiga mode aturan pembatalan yang bisa dipilih oleh pemilik penginapan untuk calon tamunya, yaitu fleksibel (jika cancel satu hari sebelum tanggal menginap, bisa full refund kecuali fee untuk Airbnb), moderate (jika cancel 5 hari sebelum tanggal menginap bisa full refund dan refund sebagian), dan strict (saat sudah booking, jika dibatalkan kapanpun, uang tetap tidak bisa dikembalikan).

Dengan mengetahui 7 tips memesan penginapan di Airbnb, semoga bisa menghindari kamu dari rasa kecewa hingga liburan menjadi lebih berkesan.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi