We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Enggak Kalah Seru, Ini Tips Roadtrip Lebih Menyenangkan!

author
Isna Triyono
Sabtu, 15 Desember 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Musim liburan akhir tahun udah di depan mata. Bagi kamu yang udah punya tiket pesawat atau kereta jauh-jauh hari, bersyukur lah.

Buat kamu yang baru tahu jadwal cuti bersama di kantor last minute, kemungkinan besar udah kehabisan tiket kalau mau pesan sekarang.

Tapi kamu bisa tetap traveling di musim libur akhir tahun ini kok dengan roadtrip. Enggak kalah serunya lo traveling lewat jalur darat dengan membawa mobil sendiri.

Selain kondisi mobil yang harus prima, kamu bisa membawanya ke bengkel agar teknisi memastikan kelayakannya, intip nih tipsnya supaya roadtrip kamu bareng teman atau keluarga seru sepanjang perjalanan.

Baca juga: Traveling Saat Weekend, Ini Tips Agar Lebih hemat

1. Buat Rencana, Tapi Jangan Kaku

Buat rencana di kota-kota mana kamu akan singgah dan di kota mana akan bermalam. Soal tempat wisata apa yang akan dikunjungi, jangan dijadikan sebagai target. Tempat-tempat enggak terduga yang bisa kamu kunjungi biasanya juga menarik. Tapi usahakan perjalanan nonstop enggak lebih dari 8 jam.

2. Google Map

Ini aplikasi wajib saat roadtrip. Selain menunjukkan arah, kamu juga bisa menemukan tempat-tempat penting terdekat, misalnya kantor polisi, supermarket, pom bensin, atau restoran.

SHUTTERSTOCK |

3. Pilih Siang Dibanding Malam

Alasan ini demi keselamatan berlalu lintas di jalan. Menurut AAA Foundation for Traffic Safety (organisasi nirlaba yang concern pada keselamatan berlalu lintas), kecelakaan fatal 4 kali lebih mungkin terjadi pada malam hari dibanding siang.

4. Baca Review Bagus, Tapi Lebih Bagus Lagi Tanya ke Penduduk Lokal

Review tentang daerah wisata memang mudah kamu baca di online. Tetapi pendapat penduduk lokal lebih realistis dan detail. Jangan takut untuk bertanya dan mengajak ngobrol penduduk tentang wisata yang hits di sana.

Baca juga: Sebelum Berwisata ke Museum, Ketahui 7 Etikanya

5. Makan Makanan Ringan Namun Mengenyangkan

Setelah kamu makan besar, tubuh biasanya kurang kondusif untuk mengemudi atau berkendara dengan durasi yang lama. Selain itu makanan berkalori tinggi juga memicu kadar glukosa tinggi yang menyebabkan pelepasan triptofan, asam amino yang menimbulkan rasa kantuk.

6. Jika Ada Menarik, Singgah dan Cicipi

Jangan takut untuk berhenti sebentar sekadar memuaskan rasa penasaran, terutama di kota kecil. Jika ada yang menarik, entah itu nama wisata yang baru kamu baca atau makanan lokal yang kamu lihat, berhenti dan cicipi. Karena itu kesempatan kamu mendapatkan pengalaman enggak terlupakan.

7. Tempat Pemberhentian

Saat roadtrip, kamu bebas menentukan tempat pemberhentian untuk istirahat dan meluruskan punggung. Meski banyak aplikasi yang memberi informasi soal tempat pemberhentian, enggak ada salahnya kamu pilih sesuai insting dan yang ada di depan mata.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono