There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Perhatikan, Ini Tanda Bayi Akan Segera Lahir

author
Isna Triyono
Jumat, 14 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hampir semua ibu hamil semakin deg-degan begitu sudah memasuki due date.

Apalagi bagi ibu yang baru pertama hamil. Ditambah, mereka bingung apa tandanya sudah mau melahirkan dan harus berangkat ke rumah sakit.

Untuk kamu mom-to-be, berikut ini, tanda-tanda bayi akan segera lahir yang bisa kamu rasakan.

1. Posisi bayi turun ke daerah panggul

Secara fisik, perut kamu terlihat semakin menurun. Posisi bayi yang sudah turun ke jalan lahir, biasanya membuat tekanan pada diafragma menurun sehingga kamu enggak lagi merasa ngos-ngosan atau berat saat bernapas. Tetapi, posisi bayi ini menekan kandung kemih, yang membuat kamu sering bolak-balik buang air kecil.

Baca juga: Ini Isi Tas Ketika Pergi ke RS Untuk Melahirkan

2. Nyeri punggung bawah atau kram perut yang terus-menerus

Menjelang persalinan, panggul dan punggung bagian bawah akan merasakan nyeri yang terus-menerus. Perut juga akan terasa kram. Itu tandanya oot dan sendi tubuh kamu sedang merenggang dan bergeser untuk menyiapkan proses kelahiran.

3. Keluar Flek Kecokelatan

Ini seperti cairan keputihan namun lebih kental dan berwarna kecokelatan atau kemerahan. Cairan ini adalah penyumbat leher Rahim yang selama kehamilan menjaga janin tidak keluar. Jika keluar flek seperti ini, tandanya bayi kamu akan segera keluar.

4. Air Ketuban Pecah

Air ketuban yang pecah seperti ketika kamu buang air kecil tetapi enggak bisa ditahan, keluar begitu aja. Tapi ada juga yang air ketubannya pecah merembes. Ini yang sering kali enggak disadari ibu yang baru pertama kali hamil.

5. Kontraksi yang Rutin dan Semakin Kuat

Kontraksi tanda sebentar lagi kamu akan melahirkan adalah yang berpola secara berkala dan durasi yang semakin lama. Sebaiknya jika merasakan kontraksi, minta pasangan untuk menghitun interval dan durasinya. Jika intervalnya semakin sempit dengan durasi semakin lama, buru-buru berangkat ke rumah sakit.

Baca juga: Sebelum Ikut Yoga, Bumil Harus Pahami Ini

SHUTTERSTOCK |


6. Diare dan mual

Diare dan mual juga menjadi salah satu tanda kamu akan segera melahirkan. Karena hormon yang diproduksi tubuh untuk memudahkan proses persalinan, juga ikut merangsang usus bergerak lebih cepat sehingga kamu merasa mulas ingin BAB atau mual. Beberapa ibu bahkan mengalami hingga muntah-muntah.

7. Cepat Lelah dan Lebih Rajin Tidur Siang

Kondisi perut yang semakin membesar dan kurang nyaman bergerak, membuat tidur malammu sedikit terganggu. Cepat lelah dan punya panggilan untuk selalu tidur siang juga menjadi salah satu tanda bayi akan segera lahir. Tubuh sedang mempersiapkan proses kelahiran dengan memberi sinyal kamu agar banyak beristirahat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono