What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Nasihat Para Bapak

author
Sundari Hana Respati
Rabu, 2 Januari 2019 | 17:00 WIB
SUNDARI HANA/INSTAGRAM |

“Jangan lupa untuk mendengar apa yang tidak dikatakan oleh seseorang.” Salah satu pesan yang bapakku katakan lebih dari sekali. Menekankan kembali pentingnya memiliki soft skill dalam berkomunikasi, menjaga harga diri lawan bicara, dan selalu berhati-hati dengan kata-kata.

Hubungan seorang anak biasanya kaku dengan sang bapak. Tak jarang anak lebih dekat dengan ibu sedangkan dengan sang bapak agak berjarak. Beberapa waktu lalu, aku kembali mengajak teman-teman di Instagram untuk berbagi pesan maupun petuah yang pernah mereka dapat dan menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan.

Banyak teman yang dengan tanpa enggan membagikan pesan yang ia terima berulang ataupun pesan terakhir sebelum sang bapak berpulang.

SUNDARI HANA/INSTAGRAM |

Pesan dari para bapak kebanyakan serupa. Pesan-pesan yang terkesan kaku namun mendalam. Pesan untuk selalu menjaga salat dan mendekatkan diri pada Tuhan. Pesan untuk menjadi pribadi yang mandiri, kuat dan menguatkan. Pesan untuk selalu menjaga kejujuran dan berdiri tegak dalam kebenaran. Pesan untuk selalu berbagi rezeki dan berbuat kebaikan. Pesan untuk menimba ilmu dan berbagi ilmu tanpa sungkan.

Semoga ketika kita semakin dewasa, ketika kita jadi orang yang kata-katanya didengar banyak orang, ketika kita dipandang jadi panutan, pesan-pesan kebaikan dari sang bapak tidak pernah dilupakan dan terus menjadi pegangan.

 

 

Sundari Hana Respati

IG @sundarihana

Blogger kelahiran Duri, 6 September 1992 yang menikmati kehidupan sebagai ibu rumah tangga baru. Selain aktif menulis di blog dan media sosial, lulusan S1 Gizi Kesehatan UGM ini sangat hobi nonton drama Korea.

Penulis Sundari Hana Respati
Editor Ratih Sukma Pertiwi