You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Gampang Haus, Bisa Jadi 6 Hal Ini penyebabnya

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 4 Januari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Haus merupakan mekanisme yang memberi sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Bagaimana jika tubuh cepat haus? Bisa jadi 6 hal ini yang jadi sebabnya.

1. Dehidrasi

“Kita merasa haus karena kurang minum,” kata Natalie Allen, RD dari Missouri State University, AS. Kadang-kadang ini karena kebiasaan minum yang buruk, di lain waktu ini karena orang tidak menyadari perbedaan lingkungan yang berpengaruh pada kebutuhan cairan tubuh. Misalnya sedang bepergian ke daerah yang tingkat kelembapan udaranya tinggi atau dataran tinggi. “Kondisi ini akan meningkatkan kebutuhan cairan,” lanjut Allen. “Ketika kita merasa haus, berarti tubuh sudah dehidrasi 1-2%.”  

 

Baca juga:  Tersenyum Bikin Kita Sehat, Ini 5 Faktanya

 

2. Terlalu Banyak Garam

Jika kamu punya kebiasaan ngemil snack yang asin atau gurih, jangan heran jika kamu gampang haus. “Perbandingan air dan garam di dalam tubuh sangat penting,” kata Prudence Hall, MD, direktur Medis The Hall Center. Jika konsumsi garam berlebih, tubuh akan berusaha mencairkan garam sehingga memicu rasa haus. Jadi, jika asupan garam terlalu tinggi dan memicu rasa haus, cobalah kurangi menjadi 2,300mg per hari, seperti yang disarankan The Dietary Guidelines for Americans.

3. Diabetes

“Yang paling sering memicu rasa haus adalah diabetes tipe 2,” kata Summer Yule, MS, RD, ahli nutrisi dari Connecticut. Jadi, jika kamu sering merasa haus dan buang urin, hubungi dokter dan dilakukan pemeriksaan kadar gula darah.

4. Mulut Kering

Bisa jadi, kamu tidak haus tetapi hanya mulut kering. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar ludah tak mampu memproduksi air ludah yang bertugas menjaga kondisi mulut tetap basah. Mulut kering bisa terjadi karena obat yang dikonsumsi, akibat tindakan radiasi dan kemoterapi, kebanyakan tembakau, kerusakan saraf, atau pemakaian zat narkotika. Untuk mengatasi mulut kering bisa dengan mengisap gula-gula yang membantu menstimulasi produksi air ludah.

| SHUTTERSTOCK

5. Anemia

Anemia merupakan kondisi yang menyebabkan kelelahan dan rambut rontok, selain juga rasa haus. Pada kasus yang masih ringan, biasaya anemia tidak memunculkan gejala, tetapi pada kasus anemia berat, rasa haus pun akan meningkat.

6. Bertambahnya Usia

Semakin tua seseorang, mekanisme tubuh pun mulai menurun, termasuk respons terhadap rasa haus. Intinya, orang usia lanjut cenerung minum lebih sedikit, sehingga wajar jika mereka lebih cepat merasa haus dibanding orang-orang yang lebih muda. Sebaiknya ingatkan diri untuk lebih sering minum.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro