When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Mainan yang Aman Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Jumat, 4 Januari 2019 | 10:30 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bayi ingin tahu segalanya, termasuk memasukkan segala hal ke dalam mulutnya.

Itulah mengapa memilih mainan yang aman bagi bayi sangat penting. Meski kita selalu berada di sekililingnya, bukan tidak mungkin kecelakaan akibat mainannya sendiri bisa terjadi.

Berikut ini beberapa tips memilih mainan yang aman bagi bayi.

1. Sesuai Usia

Setiap mainan digolongkan menurut usia. Pilih yang sesuai umur agar aman dan bisa mendukung tahap perkembangan mereka saat ini.

Baca juga: 5 Tips Meredakan Bayi Rewel Akibat Tumbuh Gigi

2. Ukuran Mainan

Beri bayi mainan dengan ukuran yang sedang sehingga menghindari kemungkinan membuat bayi tersedak.

3. Tidak Mudah Robek atau pecah

Bayi memiliki kecenderungan akan memasukkan apa aja ke dalam mulutnya. Pastikan mainan yang diberikan pada bayi tidak mudah robek atau pecah ketika ia gigit. 

4. Tidak Mengeluarkan Bersuara Keras

Pendengaran bayi masih sangat sensitif. Jika ingin membeli mainan dengan suara, pilihlah yang tidak mengeluarkan suara keras agar tidak mengganggu pendengarannya.  

SHUTTERSTOCK |

5. Mainan yang Bisa Dicuci

Mainan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Agar tidak menyebabkan penyakit bagi bayi, mainan sebaiknya bisa dicuci agar selalu bersih.  

6. Tanpa Tali atau Kabel

Tali atau kabel yang panjang bisa meningkatkan bayi terlilit dan tercekik.  

7. Hindari Tepi yang Tajam

Jika pecah, mainan bisa melukai bayi. Bayangkan mainan dengan tepi yang tajam. Kulit bayi yang sangat halus, dapat dengan mudah tergores. Saat membeli mainan, pastikan untuk menguji bagian tepi dan sudutnya tidak tajam.

8. Hindari Bahan Beracun

Tanpa kamu sadari, bahan beracun bisa terkandung dalam mainan, misalnya dari catnya, karet, plastic, atau bahan mainan itu sendiri. Pastikan semua bagian dari mainan aman jika masuk ke dalam mulut bayi.  

Baca juga: Double Check, Ini Simple Tips Untuk Keamanan Rumah Bagi Bayi

SHUTTERSTOCK |

9. Hindari Balon

Balon dari karet dengan warna dna bentuk yang menarik memang bisa menyenangkan bayi. Sayangnya, balon mudah meledak dan pecahannya bisa tertelan bayi.  

10. Hindari Mainan yang Berat

Mainan yang berat dapat melukai bayi kamu. Jika mainan tersebut terjatuh dan menimpa bayi, tentu akan menimbulkan cedera.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono