I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

5 Tips Meredakan Bayi Rewel Akibat Tumbuh Gigi

author
Isna Triyono
Kamis, 3 Januari 2019 | 10:08 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bagi bayi, urusan tumbuh gigi adalah hal besar yang membuat tidak nyaman.

Bayi yang tumbuh gigi, biasanya akan merasakan masa-masa enggak mengenakan. Ini akibat dari mulai gusinya yang membengkak, robek sedikit demi sedikit untuk tempat tumbuhnya gigi pertama, hingga perasaan enggak nyaman saat waktu makan tiba.

Mau enggak mau, fase tumbuh gigi dan ketidaknyamanan ini akan dirasakan semua bayi. Namun kamu bisa membantu meredakan bayi yang rewel akibat tumbuh gigi dengan tips berikut ini.

Baca juga: Memilih Mainan Menurut Usia Bayi

1. Gosok Gusinya

Gosok gusi bayi dengan lembut menggunakan jari kamu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu atau menggunakan kain kasa yang telah dibasahi. Tekanan lembut pada gusi saat digosok bisa meredakan rasa ketidaknyamanan buat bayi.

2. Benda Dingin

Diberi sentuhan dengan benda-benda dingin, membuat gusi yang sedang radang mereda rasa nyerinya. Berikan bayi theeting, mainan yang khusus untuk digigit, dengan terlebih dahulu disimpan di kulkas. Namun jangan berikan bayi theeting yang beku karena disimpan di dalam freezer.

SHUTTERSTOCK |

3. Finger Food

Jika bayi sudah memasuki usia siap makanan padat, berikan sesuatu yang bisa ia genggam dan makan sambil digerogoti, misalnya seperti mentimun, wortel yang telah direbus, atau melon dingin. Tetap awasi bayi ketika ia memegang finger food tadi karena potongan yang agak besar bisa berbahaya dan membuatnya tersedak.

Baca juga: Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Ini Cara Merawatnya

4. Keringkan Air Liur

Air liur yang berlebihan adalah bagian dari proses tumbuh gigi. Saat bayi menggigit theeting, jari, finger food, atau benda lain, mulut cenderung menghasilkan air liur lebih banyak.

Untuk mencegah iritasi, siapkan kain bersih untuk mengeringkan bagian dagu bayi. Bila perlu, gunakan pelembap seperti krim atau losion berbahan dasar air.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono