Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Ini Cara Merawatnya

author
Isna Triyono
Kamis, 27 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Beberapa orangtua ada yang khawatir soal rambut bayi mereka yang tipis atau bahkan hampir seperti rambutnya enggak akan tumbuh.


Selain harus bersabar sampai mereka besar nanti, tentu rambut lebat akan muncul dengan sendirinya, orangtua juga bisa melakukan perawatan rambut bayi agar tumbuh indah.

Tapi tips di bawah ini sebaiknya diterapkan pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

1. Vitamin D:

Pilih shampoo dengan kandungan vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin D membantu pertumbuhan rambut yang baik.

2. Topi Bayi

Beberapa bayi sering kali bagian belakang kepalanya mengalami kebotakan atau kulit kepalanya memiliki warna berbeda. Hal ini disebabkan bayi terlalu sering tidur dengan posisi telentang sehingga bagian belakang kepalanya bergesekan dengan sprei dan membuat rambut halusnya rontok.

Agar rambut di bagian kepalanya bisa cepat tumbuh, kamu bisa memakaikan topi bayi ketika mereka tertidur dengan posisi telentang.

Baca juga: 10 Barang yang Harus Ada di Dalam Diapers Bag

SHUTTERSTOCK |


3. Almond

Almond adalah sumber protein dan asam amino esensial. Beri anak 2-3 biji almond yang sudah dihaluskan setiap hari untuk mempercepat tumbuhnya rambut lebat.

4. Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sertakan bahan-bahan yang kaya akan zat besi dalam makanan anak Anda, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, labu, dan banyak lagi.

5. Sisir

Hanya dengan menyisir kulit kepala bayi dengan lembut, dapat meningkatkan pertumbuhan rambutnya. Menyisir rambut hingga mengenai kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

SHUTTERSTOCK |


6. Menjaga Kebersihan Rambut

Yang terbaik adalah mencuci rambut anak Anda dengan sampo bayi setiap 2-3 hari sekali untuk mengurangi akumulasi kotoran dan menjaganya agar tetap bersih. Selalu gunakan air hangat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk menjaga anak Anda dari rasa tidak nyaman.

Baca juga: 4 Cara Sopan Melarang Tamu Mencium Bayi yang Baru Lahir

7. MInyak Rambut

Meminyaki dan memijat dapat menjaga sirkulasi darah tetap aktif dan juga memberikan kelembapan yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat. Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni dan organik untuk hasil yang luar biasa.

8. Lidah Buaya

Semua orang tahu bahwa lidah buaya sangat besar manfaatnya unuk pertumbuhan rambut. Agar tidak terlalu menimbulkan rasa gatal, kamu bisa mencampur lidah buaya dengan shampoo.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono