Giving up doesn’t always mean you’re weak. Sometimes you’re just strong enough to let go.
Taylor Swift

7 Tips Memilih Lokasi Usaha

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 5 Januari 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Salah satu faktor penting saat hendak membuka usaha adalah memilih lokasi yang tepat. Berikut tips agar lokasi yang dipilih memiliki prospek yang baik untuk perkembangan usaha.

1.Sesuaikan Dengan Target Market

Cari tahu lebih dulu apakah populasi di area yang bakal menjadi lokasi usaha sesuai dengan target market. Misalnya, apakah gaya hidup, pekerjaan, penghasilan, jenis kelamin, dan sebagainya sesuai dengan segmen pasar yang kamu bidik. Contohnya, jika berniat membuka bisnis laundry, target marketnya adalah orang-orang yang tak punya waktu untuk mencuci baju sendiri, misalnya.

2.Lihat Kompetitor

Jika kamu tak ingin repot melakukan analisa lokasi, cara lebih mudah adalah dengan melihat tingkat persaingan di lokasi tersebut. Misalnya, jika di lokasi yang kamu pilih sudah terdapat banyak bisnis serupa, maka kemungkinan berkembang akan lebih kecil dibanding lokasi yang sepi dari pesaing.

Baca juga: Hidup Seimbang, Ini 4 Kunci Bagi Enterpreneur

3.Mudah Dicari

Pastikan bahwa toko atau lokasi bisnis terlihat dari jalan raya serta mudah dicari. Bukan berarti harus berada di tengah-tengah pusat keramaian, tetapi paling tidak gampang ditemukan. Misalnya, lokasi di samping mal. Ini sangat menguntungkan karena kemungkinan mendapat limpahan pelanggan yang keluar masuk mal lebih besar.

4.Mudah Diakses

Aksesibilitas penting karena bisa mengundang pelanggan untuk datang. Kalau untuk parkir saja susah, bagaimana mungkin orang mau mendatangi lokasi usaha kamu? Lebih bagus lagi jika lokasi usaha dekat dengan halte atau stasiun angkutan umum.

| SHUTTERSTOCK

5.Komunikasi

Jaringan komunikasi, termasuk jaringan internet, sangat penting, terutama untuk bisnis yang butuh akses komunikasi yang cepat. Misalnya, sudah terdapat jaringan internet sehingga bisa digunakan untuk pengunjung.

6.Aliran Listrk

Selain jaringan komunikasi, jaringan listrik pun tak kalah penting. Pastikan bahwa suplai listrik di lokasi yang akan dijadikan tempat usaha cukup. Jangan sampai, aliran listrik putus gara-gara tak kuat menanggung beban listrik yang dipakai, misalnya usaha laundry.

7.Faktor Lain

Faktor-faktor lain yang harus diperhatikan misalnya lokasi usaha jangan terlalu jauh dari rumah, karena akan menyulitkan koordinasi dan kontrol. Waktu juga bisa habis di perjalanan sehingga menjadi tak efektif. Cermati juga perjanjian dengan pemilik lahan/ruko. Pastikan bahwa klausul pada surat perjanjian sewa tidak merugikan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro