When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling

author
Isna Triyono
Sabtu, 5 Januari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tujuan traveling salah satunya adalah melepas stress, tetapi enggak jarang juga bikin stress.

Nah, agar enggak merasakan stres saat traveling, yuk hindari kesalahan yang biasanya dilakukan oleh traveler. Apa aja itu?

1. Tidak Menyiapkan Waktu Cadangan

Sebelum berangkat, kamu pasti selalu merencanakan itinerary perjalanan, kan? Nah, kesalahan yang biasa dilakukan oleh traveler adalah tidak menyiapkan spare waktu untuk hal-hal yang terjadi di luar kuasamu. Misalnya delay penerbangan atau kemacetan lalu lintas.

Dengan menyiapkan waktu cadangan, kamu akan terbebas dari rasa stres dan cemas akan tertinggal jadwal perjalanan kereta, pesawat, atau lainnya. Kamu pun akan tenang dan rileks saat tiba di tempat tujuan.

Baca juga: Selain Bisa Bersantai, Ini Manfaat Lain Traveling ke Pantai

2. Tidak Punya Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan mungkin terdengar sepele dan menghabiskan uang. Tapi asuransi perjalanan akan sangat membantu menyelamatkanmu dari situasi yang mengancam keselamatan atau keuangan.

Misalnya dengan adanya asuransi perjalanan, kamu enggak perlu keluar uang lagi untuk memesan tiket pesawat, menggantikan tiket sebelumnya yang hangus karena suatu hal. Atau ketika kamu memerlukan pertolongan darurat medis, asuransi perjalanan membuat kamu akan cepat ditangani dokter dan rumah sakit.

SHUTTERSTOCK |

3. Merasa Wajib Mengunjungi Semua Tempat Wisata

Terkadang apa yang diinginkan, enggak semua harus terwujud. Seperti halnya ketika traveling, kamu merasa wajib mengunjungi semua tempat wisata di sana. Padahal, cara terbaik menikmati traveling adalah menikmati setiap tempat yang kita kunjungi.

Pilih destinasi yang mudah terjangkau dan nikmatilah. Alih-alih stres karena sibuk mencari arah ke destinasi selanjutnya, lebih baik nikmati tempat dimana kamu berkunjung.

4. Terlalu Mengikuti Itinerary

Inti dari traveling adalah mengeksplore destinasi wisata, merasakan suasana, kuliner, berfoto-foto, dan berinteraksi dengan warga lokal. Jika satu rencana gagal, buatlah rencana baru.

Jika satu destinasi enggak bisa didatangi, nikmati yang sudah ada di depan mata atau ganti dengan tempat wisata yang baru, yang memberi kemungkinan kamu mendapat pengalaman yang lebih seru.

5. Kurang Tidur Atau Makan

Kurang makan atau tidur sangat berpengaruh terhadap mood kamu. Namun banyak traveler yang mengabaikan dua hal ini, alasannya entah waktu atau uang. Namun kurang tidur atau makan justru membuat kamu kurang menikmati acara traveling.

Baca juga: Cuma 3 Jam Dari Jakarta, Ini 5 Tempat Wisata Hits di Cirebon

6. Kurang Mengumpulkan Informasi

Hotel, tempat wisata, atau moda transportasi, enggak selalu sama seperti yang mereka tampilkan di online. Agar tidak kecewa, sebaiknya kamu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang hal tadi.

Enggak cukup hanya membaca review tapi harus mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Kamu bisa hubungi teman yang sudah pernah ke sana atau memakai jasanya, atau ikut ke grup online untuk mendapat insight yang lebih ril.

7. Takut Keluar Zona Nyaman

Salah satu kesalahan terbesar saat traveling adalah takut keluar dari zona nyaman, takut mencoba hal-hal baru atau di luar renacana. Karena itu justru akan membuatmu kehilangan kesempatan mendapatkan pengalaman baru yang seru dan enggak terlupakan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono