Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Selain Bisa Bersantai, Ini Manfaat Lain Traveling ke Pantai

author
Isna Triyono
Jumat, 21 Desember 2018 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Pantai atau gunung?

Pilihan destinasi traveling memiliki berbagai manfaat. Kali ini, kita bahas soal manfaat traveling ke pantai.

Mungkin yang ada dalam benakmu, liburan ke pantai hanya untuk bersantai. Padahal, banyak lo manfaat belibur ke pantai. Seperti yang berikut ini.

1. Melepaskan Stres

Manfaat utama traveling ke pantai adalah melepaskan stress. Kombinasi sinar matahari dan ombak sangat ampuh membuat tubuhmu rileks, menghilangkan sakit kepala, dan melepaskan stress.

Bukan hanya serotonin (hormon yang memberi perasaan nyaman dan senang) yang bekerja tetapi mendengar dan melihat laut dan pantai juga menenangkan dan membawa perasaan damai.

Baca juga: Enggak Kalah Seru, Ini Tips Roadtrip Lebih Menyenangkan!

2. Tidur Lebih Nyenyak

Menghabiskan beberapa jam di pantai, bisa membuat tidurmu lebih nyenyak pada malam harinya. Penderita insomnia yang ingin mencoba pengobatan alami, cobalah ke pantai.

Bukan hanya langsung merasa nyaman begitu menginjak pasir yang lembut, kamu juga akan merasa damai hanya dengan berjalan kaki di sepanjang pantai. Perasaan ini yang membuat kamu bisa tidur lebih mudah pada malam harinya.

SHUTTERSTOCK |


3. Dapat Vitamin D Dalam 10 Menit

Menghabiskan hanya 10 menit berada di pantai dan membiarkan sinar matahari menyerap dalam tubuh, kebutuhan vitamin D harian kamu langsung terpenuhi.

4. Meningkatkan Kemampuan Melawan Infeksi

Pernah merasa perih ketika bagian yang terkuka terkena air laut? Air laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang unik sehingga sangat baik untuk menyembuhkan infeksi.

5. Kesempatan Untuk Olahraga

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, menjaga kerampingan tubuh atau sekadar mencari keringat, pantai adalah tempat yang tepat. Kamu bisa mencoba bebagai olahraga, berenang, mendayung, ski, atau yang paling mudah berjalan-jalan.

Berjalan di pasir pantai terbukti lebih memerlukan tenaga ekstra dan otot yang lebih kuat daripada di jalanan biasa. Tapi itu terasa hanya jika kamu berjalan tanpa alas kaki ya.

Baca juga: Liburan Seru, Ini Museum yang Menarik Untuk Anak-Anak

SHUTTERSTOCK |


6. Beauty Treatment Untuk Kulitmu

Pantai dan air laut punya efek positif untuk kesehatan dan penampilan kulitmu. Kita bukan bicara soal tanning tapi soal sifat-sifat antibakteri dan detoksifikasi yang terkadung di dalam air laut. Butiran pasir pantai juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

7. Melonggarkan Pernapasan

Udara pantai yang selalu segar, ditambah angin yang selalu berhembus membuat saluran pernafasan menjadi longgar.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono