You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Kerusakan gigi Saat Kehamilan, Ini Cara Mengatasinya

author
Isna Triyono
Kamis, 20 Desember 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Masa kehamilan membuat gigi berisiko tinggi mengalami kerusakan.

Salah satu yang penyebabkan gigi rusak saat hamil antara lain peningkatan asam di mulut dan perubahan pola makan. Apalagi perempuan hamil cenderung menyukai makanan yang asam dan manis.

Berikut ini adalah beberapa cara agar mengurangi kerusakan gigi selama hamil.

1. Berkumur Setiap Sehabis Muntah

Berkumur setiap habis muntah, terutama di trimester awal, bisa mengurangi kerusakan pada gigi. Berkumur selama beberapa menit bisa membersihkan asam ekstra lambung yang ikut naik ke dalam mulut kamu.

Baca juga: Tips Memilih Dokter Ob-Gyn

2. Sikat yang Lembut

Selama kehamulan, gusi kamu akan cenderung lebih sensitive. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut. Saat gosok gigi, buatlah gerakan yang tidka terlalu keras hingga bisa membuat gusi berdarah. Bila perlu, sikat gigi setiap sehabis makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi.

3. Kurangi Makanan Asam dan Manis

Indera perasa wanita hamil cenderung menyukai makanan yang asam dan manis. Sebaiknya, sebisa mungkin hindari atau mengurangi makanan asam dan manis. Jika sedang ngidam makanan asam dan manis, kamu bisa memilih aneka buah-buahan yang terbukti lebih sehat.

SHUTTERSTOCK |

4. Periksa Regular ke Dokter Gigi

Saat mengetahui kamu hamil, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi dan mulut. Lanjutkan dengan pemeriksaan gigi secara berkala saat hamil untuk mencegah risiko penyakit gusi yang serius.

Baca juga: Jangan Karena Terkenal, Tapi Ini 6 Cara Memilih Rumah Sakit Untuk Melahirkan

5. Jangan Tunda Perawatan Gigi

Jika dokter gigi menyarankan adanya tindakan, segera lakukan. Kerusakan gigi dapat menyebabkan infeksi yang dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Namun beri tahu juga dokter gigi bahwa kamu sedang hamil.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono