Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

8 Cara Ini Bisa Perkecil Tampilan Pori-pori Kulit Wajah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 18 Desember 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Pori-pori kulit wajah kamu terlihat besar? Coba pakai 8 cara ini agar tampilannya lebih kecil dan wajah pun tampak lebih halus.

Lubang-lubang kecil sekujur kulit tempat tumbuhnya rambut alias pori-pori berfungsi mengeluarkan minyak alami kulit (sebum) yang membuat kulit kamu tetap halus dan lembap.

Produksi minyak alami kulit serta ukuran pori-pori setiap orang berbeda-beda dan banyak faktor yang memengaruhinya, seperti faktor genetik hingga gaya hidup.

Ada yang pori-porinya kulit wajahnya kecil dan halus sehingga kulitnya terlihat mulus.  Ada juga yang tampilan pori-pori kulitnya besar sehingga kotoran rawan masuk memicu komedo dan jerawat, dan pori-pori pun terlihat bertambah besar.

Daripada mengeluhkan kondisi yang enggak bisa berubah, lebih baik mulai mengatur beauty regimen kamu supaya si lubang kecil itu tetap bersih dan kelihatan lebih kecil. Bagaimana caranya?

1.Pilih Produk Non-Comedogenic

Langkah paling mudah agar pori-pori kamu tidak terlihat besar adalah mencegahnya dari sumbatan kotoran penyebab komedo. Pilih produk skincare non-comedogenic, mulai dari cleanser, pelembap, serum, foundation.

2.Bersihkan Pagi dan Malam

Jangan lupa bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang cocok untuk kulit kamu. Sedikit saja sisa makeup atau debu bisa berpotensi jerawat keesokan harinya.

3.Gunakan Toner

Toner bisa menjadi backup pembersih kamu. Toner memastikan seluruh pori-pori kulit wajah bebas kotoran, dan kulit terasa lebih kenyal.

Baca juga: Bisa Jadi Face Mist, Ini 5 Manfaat dan Cara Memakai Toner yang Tepat

SHUTTERSTOCK |

4. Eksfoliasi

Produk untuk eksfoliasi kulit yang mengandung Alpha-Hydroxy Acids, seperti glycolic acid, lactic acid, tartaric acid, citric acids bisa memperkecil tampilan pori-pori kulit wajah.

Tapi jika kulit kamu sensitif berkonsultasilah ke dokter kulit sebelum memakai produk eksfoliasi, ya.

5. Dosis Retinol Tepat

Dua komponen penting untuk kulit terlihat tetap muda adalah kolagen dan elastin. Saat produksi keduanya menurun, pori-pori kulit semakin tambah terlihat besar.

Retinol bisa menjadi solusinya. Namun kamu harus tepat menggunakannya. Buat pemula, cukup gunakan 2-3 kali seminggu agar kulit kamu bisa beradaptasi. Jangan lupa menggunaan broad-spectrum sunscreen di pagi harinya.

6.Clay Mask

Menyertakan clay mask ke beauty regimen kamu ternyata bisa berefek pada tampilan pori-pori. Clay mask mendetoks kulit dari kelebihan minyak, kotoran serta bahan-bahan kimia yang terkandung dalam skincare.

Kamu bisa pilih clay mask yang kaya mineral seperti kaolin, bentonite, atau Moroccan rhassoul.

Baca juga: Bentonite Clay dan 7 Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajah

7. Sun Safe!

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari tanpa pelindung memiliki pori-pori yang terlihat lebih besar. The Skin Cancer Foundation merekomendasikan memakai broad-spectrum sunscreen minimal SPF 15 setiap hari, oles ulang setiap 2 jam.

8. Bantuan Makeup

Ratusan produk makeup baru yang bisa membuat tampilan kulit kamu super mulus, seperti primer, BB cream, blurring balms, dan sebagainya bikin kamu pastinya ingin mencoba.

Tapi bijaklah untuk memakainya, ya. Sebab memakai produk-produk tersebut tanpa membersihkannya dengan maksimal bisa menimbun kotoran.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi