Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

9 Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Mandi

author
Isna Triyono
Jumat, 4 Januari 2019 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tanaman hias semakin menjadi tren dekorasi di tahun 2019 ini.

Selain ruang tamu, ruang makan, dan dapur, tanaman hias juga bisa diletakkan di dalam kamar mandi lo.

Sayangnya, enggak semua tanaman hias cocok hidup di dalam kamar mandi yang tingkat kelembapannya tinggi dan minim sinar matahari.

Tapi 9 tanaman hias di bawah ini juara jika diletakkan di kamar mandi sebagai hiasan juga memiliki manfaat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Apa aja 10 tanaman itu?

Baca juga: Sukulen Jadi Bagian Tren Dekorasi 2019

1. Pakis

Dari semua varietas pakis, tumbuh subur di iklim lembap. Pakis juga cukup kuat untuk tahan terhadap perubahan suhu. Jika kamar mandi kamu punya jendela kecil, tenpatkan pakis dekat jendela. Atau jika tidak punya jendela, bawa pakis sesekali keluar ruangan untuk mendapat sinar matahari.

2. Cast Iron Plant

Tanaman besi cor dengan nama latin aspidistra elatior ini sangat mudah dirawat. Aspidistra cocok diletakkan di kamar mandi karena ia tahan dengan cahaya rendah dan mudah beradaptasi dengan perubahan suhu.

3. Tillandsias

Tumbuhan ini juga terkenal dengan nama tanaman udara. Jenis tanaman ini bisa hidup dengan perawatan yang minim dan cara penyiramannya pun cukup disemprot air sesekali. Tillandsias  bisa menempatkan di dalam vas dengan isi air. Keuntungan meletakkan tillandsias di dalam kamar mandi, ia bisa menyerap kelembapan udara.

4. Peperomia

Dengan ukuran yang mungil dan daunnya yang indah, peperomia sangat cantik diletakkan di dekat toilet atau wastafel. Tanaman ini juga bisa bertahan hidup di ruangan rendah cahaya matahari.

5. Philodendron

Tanaman ini menyukai suasana dengan kelembapan yang tinggi sehingga cocok dan bisa bertahan jika diletakkan di dalam kamar mandi. Perlu diingat, tanaman ini bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan atau anak-anak jika tertelan. Sebaiknya letakkan di tempat yang sulit dijangkau mereka.

6. Spider

Tanaman spider sangat cocok dalam ruangan yang lembap, seperti kamar mandi. Bentuknya yang indah, membuat tanaman spider menjadi salah satu tanaman hias yang banyak disukai.

Baca juga: Gratis dan Simpel, Ini Cara Menyimpan Dekorasi Natal

7. Anggrek

Anggrek terkenal suka dengan lingkungan yang basah. Pilih varietas anggrek yang mudah dirawat seperti dendrobium yang bisa bertahan dalam ruangan dengan cahaya minimal.

8. Aloe

Tanaman hias dari keluarga sukulen ini sangat senang dengan lingkungan yang lembap. Aloe juga tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung.

9. Sansevieria

Tanaman ini menjadi favorit karena mudah beradaptasi dalam berbagai lingkungan. Sansevieria juga memiliki manfaat menjadi filter karsinogen yang luar biasa. Ia bisa membersihkan udara secara alami.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono