Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Perawatan Rambut Alami Dengan Daun Jambu Biji

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 7 Januari 2019 | 15:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Biasanya kita mengonsumsi buah jambu untuk mendapatkan khasiat sehatnya. Tetapi ternyata daun jambu juga kaya nutrisi untuk merawat rambut, lo.

Daun jambu biji mengandung vitamin B dan C serta zat anti bakteri dan anti-inflamasi yang berguna bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Yuk, ikuti lima cara sederhana ini untuk mengatasi aneka keluhan rambutmu.

1.Rambut Ketombe dan Bercabang

Haluskan satu genggam daun jambu biji dan campur dengan dua sendok makan air lemon. Oles pada rambut dan kulit kepala, diamkan 20 menit. Cuci dengan air hangat dan keringkan secara alami. Gunakan 1-2 kali seminggu.

2.Rambut Kusut dan Rontok

Haluskan satu genggam daun jambu biji dan campur dengan dua sendok makan minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Oles pada rambut, tutup dengan shower cap, diamkan hingga 30 menit. Cuci bersih dengan sampo dan kondisioner. Gunakan sekali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Atasi Komedo dan Jerawat Dengan Kentang Mentah, Ini 3 Caranya

3.Rambut Rusak Karena Proses Kimia

Rambut rusak karena mengalami proses pewarnaan, pelurusan, atau proses kimia lainnya? Coba blender satu genggam daun jambu biji dan sedikit air. Saring dan ambil dua sendok makan airnya lalu campur dengan dua sendok makan minyak avokad hingga merata. Oles di rambut dan kulit kepala, diamkan 20 menit. Cuci rambut hingga bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu.

SHUTTERSTOCK |

  1. Rambut Lepek dan Tipis

Campur segenggam daun jambu biji dengan sebutir putih telur yang kaya protein asam amino esensial yang ampuh mengurangi rambut lepek. Gunakan masker ini hanya 2 kali sebulan.

Baca juga: Wajah Cerah & Bebas Keriput Dengan Masker Stroberi

  1. Rambut Kering dan Kusam

Campur segenggam daun jambu biji yang sudah ditumbuk halus, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan cuka apel. Oles merata pada rambut dan diamkan 20 menit. Cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi