You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Hindari Olahraga Sambil Pakai Headphone, Ini 5 Alasannya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 8 Januari 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Apakah kamu suka berolahraga sambil mendengarkan musik melalui headphone atau earphone? Lagu favorit memang bisa jadi menambah semangat, tapi sebaiknya hati-hati. Pemakaian headphone atau earphone bisa mengganggu keselamatan atau memicu masalah kesehatan.

 

1. Keseimbangan dan pendengaran terganggu

Semakin lama berolahraga sambil mendengarkan musik melalui headphone atau earphone bisa mengganggu sistem vestibular di bagian dalam telinga, yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan tubuh.

Jika keseimbangan tubuh terganggu, olahraga seperti berlari atau bersepeda menjadi berbahaya, apalagi jika dilakukan di area yang ramai oleh lalu lalang kendaraan. Pendengaran juga bisa terganggu jika terlalu lama memakai headphone atau earphone.

2. Menghalangi suara di sekitar

Berlari sambil mendengarkan musik melalui headphone atau earphone bisa berbahaya karena suara-suara dari sekitar menjadi terhalangi, misalnya suara kendaraan atau pejalan kaki lain, sehingga berisiko terjadinya kecelakaan.

Jika kamu tak bisa melepas kebiasaan memakai headphone atau earphone saat berolahraga, pelankan volume musik dan waspada terhadap situasi di sekitar. Sebaiknya pilih tempat berolahraga yang jauh dari keramaian seperti di taman atau jogging track.

| SHUTTERSTOCK

3. Mengganggu gerakan

Jika kamu berolahraga dengan headphone atau earphone yang tidak nyaman atau kabel earphone terlalu pendek, kemungkinan leher terjerat kabel saat melakukan gerakan sangat besar. Sebaiknya pilih headphone nirkabel agar gerakan tetap bisa dilakukan tanpa terganggu lilitan kabel atau kepala headphone yang tidak nyaman.

4. Perhatian teralihkan

Tak hanya mengganggu suara-suara di sekitar dan berisiko jatuh saat berolahraga, pemakaian headphone maupun earphone juga membuat kamu tidak fokus pada gerakan olahraga. Fokus juga bisa teralihkan setiap kali mengganti lagu atau menerima telepon, jika menggunakan smartphone sebagai pemutar musik.

Memang, sih, musik bisa membantu saat harus mengulang gerakan-gerakan kardio di treadmill atau sepeda statis, tetapi musik yang dimainkan keras juga akan mengganggu konsentrasi dan fokus.

Baca juga: Hati-Hati, Keringat Berlebih Bisa Jadi Gejala Penyakit, Lo!

5. Risiko infeksi telinga

Kapan terakhir kali membersihkan headphone atau earphone? Seberapa sering  memakainya untuk berolahraga? Hasil riset yang dipublikasikan Malaysian Journal of Medical Science menunjukkan, pemakaian headphone maupun earphone saat berolahraga dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan telinga, misalnya infeksi dan menumpuknya kotoran telinga.

Baca juga: Suara yang Aman di Telinga

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro