You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Do’s and Don’ts Menggunakan Media Sosial Ketika Sedang Mencari kerja

author
Isna Triyono
Senin, 7 Januari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Media sosial bisa juga dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan dan saat mencari pekerjaan.

Selain melalui proses tes dan wawancara, saat ini banyak juga perusahaan menyeleksi calon karyawannya lewat media sosial.

Jika salah-salah posting di media sosial, enggak menutup kemungkinan juga kamu bakalan dipecat dari pekerjaan.

Nah, agar media sosial juga bisa menunjang kamu mendapat pekerjaan, yuk ketahui do’s and don’ts menggunakan media sosial ketika sedang mencari kerja.

Baca juga: 9 Manfaat Yoga untuk Mencari Kerja

1. Show off Keahlian dan Pengalaman

Jangan cuma pamer ootd atau makanan, kamu juga perlu menunjukkan keahlian dan pengalaman kerja kamu di media sosial. Dengan begitu, kamu bisa terhubung dengan kontak yang dapat mempercepat pencarian pekerjaan atau membantu kariermu cepat naik.

2. Cantumkan Informasi Background Pekerjaan

Cantumkan informasi mengenai pengalaman dan latar belakang pekerjaan. Dan pastikan antara satu media sosial dengan yang lainnya, mencantumkan informasi yang sama. Misalnya apakah riwayat pekerjaan kamu di Facebook sudah cocok dengan akun kamu di Linkedln? Tulis juga jabatan, nama perusahaan, dan tanggal mulai bekerja atau berhenti.

3. Jangan Curhat Soal Kantor

Yang namanya media sosial, apa yang kamu posting pasti bisa dilihat oleh semua orang, enggak terkecuali bos kamu. Jangan curhat apalagi menjelek-jelekkan soal kantor dan bos. Jika ketahuan, sudah pasti kamu akan kena sanksi.

Selain itu, jika kamu sedang mencari pekerjaan, calon bos bisa melihat postingan bernada negatif dan berpikir ulang untuk menerima kamu sebagai karyawannya.

4. Googling Nama Kamu dan Cek Apa yang Tertera di sana

Googling nama kamu dan coba cek apa aja yang muncul di sana. Karena tweet atau segala hal yang kamu posting bisa ikut muncul di sana. Jika ada tulisan atau cuitan kamu yang membahayakan pekerjaanmu sekarang atau menghambat kamu mendapat pekerjaan, hapus segera atau kamu ubah setting-an privacy.

5. Bangun Networking

Media sosial adalah tempat yang sangat ideal untuk membangun networking. Mungkin saat ini kamu berpikir hal itu bukanlah hal yang penting. Tapi percaya deh, membangun networking sebelum kamu membutuhkannya, akan menjadi keunggulan kamu saat mencari pekerjaan.

Baca juga: 4 Alasan Merawat Diri Bisa Bikin Working Mom Makin Sukses

6. Jangan Lupa Mengatur Privacy di Facebook

Enggak semua postingan harus kamu share ke public. Misalnya soal pesta malam tahun baru yang sedikit liar atau keluhan soal beban pekerjaan. Kamu bisa mengatur privacy agar hanya orang-orang tertentu aja yang bisa melihatnya.

7. Memanfaatkan Email Kantor

Kamu mungkin tergoda untuk mencari pekerjaan baru atau mengirim CV ke perusahaan lain. Meski banyak orang juga melakukan hal itu, namun setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk memantau karyawannya.

Sangat tidak bijaksana jika kamu menggunakan komputer atau email untuk mencari pekerjaan baru di kantor saat ini.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono