I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

9 Manfaat Yoga untuk Mencari Kerja

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 31 Desember 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menurut survei, menganggur menjadi 1 dari 3 hal yang paling membuat stres, selain kematian dan perceraian. Itu sebab, generasi milenial menjadi generasi yang paling stres, meskipun menurut pakar, milenial juga punya kemampuan untuk menjadi seorang karyawan hebat. Bagaimana agar sukses mencari kerja? Salah satunya dengan olahraga dan yoga. Kenapa?

1.Meningkatkan Kepercayaan Diri

Olahraga teratur dan yoga akan mengembangkan kekuatan tubuh, pikiran, dan jiwa, sehingga menambah kepercayaan diri saat menghadapi proses pencarian kerja.

2.Menjaga Kebugaran

Olahraga teratur dan yoga akan melepas hormon endorfin yang membuat kita nyaman. Ini akan meningkatkan vitalitas dan mood, sekaligus membuat kita merasa nyaman sehingga lebih tenang menghadapi proses pencarian kerja.

Baca juga: Sebelum Ikut Yoga, Bumil Harus Pahami Ini

3.Menjaga Fokus

Olahraga, yoga, dan latihan pernapasan bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Pada saat mencari kerja, menjaga agar tetap fokus pada tujuan sangatlah penting sehingga tidak terganggu oleh hal-hal lain.

4.Mengembangkan Koreksi Diri

Memahami diri sendiri akan membuat kita tahu kekuatan dan kelemahan diri. Ketika menemukan mana yang harus diperbaiki, makin mudah pula kita tampil dan mendapat impresi di pasar kerja.

|

5.Meningkatkan Daya Tahan

Olahraga dan yoga membantu membangun ketahanan mental dan fisik yang dibutuhkan saat mencari pekerjaan.

6.Lebih Disiplin

Kurangnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi sumber stres. Bangun telat, tidak tahu apa yang harus dilakukan, dan sebagainya, bisa membuat semuanya runyam. Olahraga dan yoga teratur akan membantu mengatur jadwal sehari-hari, termasuk dalam hal mencari pekerjaan.

Baca juga: Bekerja di Rumah, Ini Cara Mengatur Waktunya

7.Hormon Lebih Seimbang

Tubuh yang sehat dan bugar akan mencegah stres akibat hormon yang tidak seimbang. Bentuknya bisa depresi, kecemasan, atau berat badan naik.

Olahraga, meditasi, dan yoga membantu menyeimbangkan hormon yang membuat kita lebih siap mengikuti proses berburu pekerjaan.

8.Membangun Empati

Pada saat berburu pekerjaan yang dibutuhkan adalah skill dan kemampuan bekerja sama dalam tim. Yoga didasarkan pada premis bahwa kita terhubung satu sama lain melalui energi universal, sehingga memunculkan empati terhadap orang lain. Di dunia kerja, ini akan membentuk teamwork yang kuat.

9.Membantu Membuat Keputusan

Membuat keputusan bisa memicu stres, lebih-lebih untuk sebuah keputusan besar. Nah, yoga membantu pikiran menjadi jernih sehingga mampu membuat keputusan yang tepat.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi