A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Bekerja di Rumah, Ini Cara Mengatur Waktunya

author
Isna Triyono
Senin, 17 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bekerja di rumah kini semakin menjadi pilihan favorit bagi perempuan. Bukan hanya bisa memiliki waktu yang leluasa tetapi juga enggak lagi merasakan macetnya jalan raya.

Tapi, karena bekerja di rumah enggak memiliki jam kerja pasti, kita sendirilah yang harus pintar-pintar mengatur waktunya.

Nah, berikut ini trik agar tetap bisa membagi waktu ketika memilih bekeja di rumah.

1. Punya Area Khusus

Enggak perlu ruang kerja khusus, tetapi misalnya meja kecil di sudut ruang tamu atau kamar tidur. Area khusus membuat psikologis kamu semakin konsentrasi dna produktif ketika sudha berada di area kerja.

Baca juga: Tips Menghadapi Interview Kerja Bagi si Introvert

2. Jam kerja

Bekerja di rumah membuat mau bebas menentukan jam kerja sendiri. Tetapi yang harus diingat, jam kerja yang kamu terapkan haruslah konsisten. Misalnya kamu bekerja selama 1-2 jam setiap harinya, atau pukul 09.00 – 12.00 kemudian dilanjut pukul 15.00-16.00 kamu harus berada di area kerja untuk mengejar deadline.

3. Jauhkan Gangguan

Gangguan bukan hanya datang dari anak atau anggota keluarga lainnya, tetapi juga televisi atau media sosial. Identifikasi gangguan yang paling sering kamu alami lalu buatlah aturan soal itu.

4. Tetap Fleksibel

Semua aturan tadi harus kamu terapkan agar tetap fikus bekerja di rumah. Tetapi juga fleksibel karena semua bisa berubah. Misalnya jadwal menjemput buah hati yang lebih maju sehingga jam kerja kamu harus ikut berubah. Hal seperti itu masih bisa dimaklumi. Kamu bisa mengganti jam kerja di waktu lainnya.

SHUTTERSTOCK |

5. Tetap Bergaul

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu seperti terkungkung. Tetaplah menjaga komunikasi dengan teman dan kolega. Sesekali kamu bisa mengatur pertemuan di sebuha café atau restoran.

Baca juga: Sebelum Kasih Kado Natal Untuk Bos, Simak Tipsnya

6. Upgrade Pengetahuan

Di kantor, percakapan santai dengan rekan kerja juga bisa menambah pengetahuan kamu tentang perkembangan seputar profesi kamu. Ketika bekerja di rumah, kamu harus ekstra untuk meng-upgrade pengetahuan, misalnya dengan berlangganan jurnal, bergabung dengan perkumpulan seprofesi, atau grup web.

7. Memanjakan Diri

Kamu boleh lo sesekali menggunakan ‘jam kerja’ untuk memanjakan diri misalnya ke spa, massage atau melakukan sesuatu yang membuat kamu santai dan refresh. Sehingga kamu bisa kembali bersemangat menyelesaikan pekerjaan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono