When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

4 Langkah Mengawali Resolusi Diet Sehat

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 9 Januari 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Apa resolusi kamu di tahun 2019 ini? Jika salah satu resolusinya adalah diet sehat dan kamu tak tahu bagaimana memulainya, coba ikuti 4 tips di bawah ini. Kuncinya, ubah kebiasaan makan.

1. Bikin menu seminggu

Akan lebih mudah untuk menerapkan pola makan sehat jika kamu sudah punya jadwal menunya. Buat rencana menu seminggu yang sehat, lalu bagikan ke seluruh keluarga.

Nah, di akhir pekan, pergilah berbelanja ke supermarket untuk menu-menu tadi. Jika tak punya waktu, boleh berbelanja online. Dengan jadwal ini, tak perlu lagi bingung mencari menu makan hari ini, malam ini, dan seterusnya.

Baca juga: Hati-Hati, Keringat Berlebih Bisa Jadi Gejala Penyakit, Lo!

2. Jangan lupa bawa botol minum

Seringkali karena kesibukan, kita lupa minum atau malas mengambil air minum. Nah, untuk menyiasatinya, bawalah botol minum ke mana pun kamu beraktivitas. Enam hingga 8 gelas perhari adalah kebutuhan air orang dewasa normal, tetapi tentu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika kebutuhan air tubuh cukup, tak perlu lagi memilih menu manis untuk menganjal rasa haus.

| SHUTTERSTOCK

3. Pilih makanan berwarna

Buah dan sayuran berwarna sangat kaya nutrisi dan serat. Konsumsi buah dan sayuran berwarna hijau, oranye, ungu, kuning, dan merah juga sangat bagus untuk menangkal kanker dan penyakit lainnya.

4. Makan bersama

Makan bersama dan menikmati makanan yang dihidangkan, termasuk memasak bersama keluarga, menjadi obat ampuh untuk mengurangi stres. Makan bersama di meja makan juga mengajarkan anak untuk lebih sosial, selain meningkatkan kualitas hubungan keluarga. 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro