Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Sebelum dan Sesudah Facial, Ini Aturannya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 15 Januari 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Perawatan wajah facial bukan sekadar mengekstraksi komedo yang menumpuk di kulit, tetapi juga harus paham aturan sebelum dan sesudah melakukannya.

2 Minggu Sebelumnya

Jika kamu berencana melakukan spray tan dan facial, jangan lakukan dalam waktu berdekatan. Lakukan spray tan 2 minggu lebih sebelum facial.

1 Minggu Sebelumnya

Stop eksfoliasi wajah. Jika kamu masih melakukan eksfoliasi dalam waktu seminggu sebelum facial, kulit akan mengalami over eksfoliasi. Lebih baik, kamu meningkatkan pemakaian sunscreen dalam waktu seminggu sebelum facial.

Baca juga: 7 Mitos Kulit Keriput yang Kamu Wajib Tahu Kebenarannya

3 Hari Sebelumnya

Hentikan sementara pemakaian produk yang mengandung retinol, acid, actives, anti-acne dan anti-aging. Produk-produk tersebut dapat meningkatkan sensitivitas kulit ketika facial dilakukan.

SHUTTERSTOCK |

2 Hari Sebelumnya

Jangan melakukan steam pada wajah sejak 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudahnya untuk mengurangi peradangan. Steam meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan peningkatan sirkulasi darah yang memicu peradangan.

Hari H

Jika kamu berencana berolahraga sebelum facial, lakukan paling tidak 2-3 jam sebelumnya. Pasalnya olahraga meningkatkan suhu tubuh yang bisa membuat kulit kamu lebih reaktif saat proses ekstraksi dilakukan.

Setelah Facial

Hindari mencuci wajah setelah facial atau pada malam harinya agar nutrisi produk bisa diserap dengan maksimal.  Pada hari berikutnya, kamu boleh kembali memakai skincare.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi