I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

6 Cara Menghindari Baju Bau Apak di Musim Hujan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 22 Januari 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat mau memakai dress kesayangan, eh ternyata malah berbau apak dan lembap.

Di musim hujan proses menjemur baju memang jadi lebih lama dan sulit kering sempurna. Alhasil baju kerap berbau apak atau tidak sedap.

Memakai baju yang berbau tak sedap tentu saja bikin kamu enggak nyaman, apalagi saat harus ke kantor dan bertemu banyak orang. Ada beberapa cara sederhana yang patut kamu coba untuk menghindari bau apak pada baju.

1.Jangan Dicampur

Saat mencuci pakaian, jangan mencampur semua baju menjadi satu. Selain dipilah menurut warna, pilah juga menurut bahan. Misalnya, baju kantor atau seragam yang berbahan tipis jangan digabung dengan bahan keras seperti jeans. Selain rusak, bisa saja melunturi.

Belum lagi jika ada baju anak-anak yang terkena noda atau kotoran. Hilangkan dulu kotorannya dengan cara dikucek atau disikat perlahan, baru direndam dengan baju yang lain.

2.Cek Instruksi Mencuci

Ada baju yang tidak boleh masuk mesin cuci, ada yang harus di-dry clean, ada yang hanya boleh dikucek pelan, ada yang sebaiknya dicuci dengan air hangat, ada juga yang wajib disikat bahkan sebelum masuk mesin cuci. Coba cek satu persatu agar setelah dicuci baju bersih sempurna tanpa meninggalkan bau.

3.Bilas Hingga Bersih Sempurna

Pastikan baju dibilas dengan sempurna sehingga tidak meninggalkan residu kotoran atau detergen yang memicu bau apak.

4.Memilih Pewangi Pakaian

Hati-hati juga menggunakan pewangi atau pelembut pakaian setelah dicuci. Aroma yang terlalu menyengat justru bisa membuat baju berbau apak jika tidak dijemur sampai kering sempurna. Peras cucian perlahan hingga tidak terlalu lembap saat dijemur.

SHUTTERSTOCK |

5.Suhu Setrika

Pastikan kamu menyetrika baju yang sudah benar-benar kering, sebab jika tidak akan berbau tak sedap. Memakai semprotan pewangi pun tidak akan menolong dan malah membuat baju bertambah lembap.

6.Lemari Penyimpan

Pastikan lemari atau laci penyimpanan pakaian dalam kondisi kering, atau kamu bisa menaruh kamper pada sudut-sudutnya. Simpan pakaian sesuai bahan, apakah bisa dilipat atau harus digantung.

Jangan menaruh pakaian terlalu berdesakan di lemari dan perhatikan perputaran pakaian agar tumpukan pakaian di bagian bawah juga terpakai dan memperkecil risiko bau apak.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi