Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Tanda Sekolah Anak Tidak Sesuai Harapan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 23 Januari 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Apakah sekolah atau daycare si Kecil sudah tepat dan sesuai harapan Bunda? Belum tentu, lo, Bun. Coba perhatikan lagi, adakah tanda-tanda di bawah ini yang Bunda lihat dan terima dari sekolah anak. Jika ya, coba pikir ulang untuk memindahkan anak ke sekolah lain.

 

1. Keluhan atau saran tidak ditanggapi

Bunda memberi masukan ke pihak sekolah mengenai hal-hal yang dirasa kurang pas, tetapi pihak sekolah tidak merespons atau memberikan tanggapan. Sekolah yang baik akan menanggapi keluhan atau masukan dari orangtua dengan cara yang simpatik dan menawarkan solusi positif.

 

Baca juga: 6 Cara Mudah Ajak Anak Berolahraga

 

2. Guru atau staf sekolah berganti-ganti

Bisa jadi ini menandakan bahwa staf atau guru tidak merasa puas dan ada masalah dengan sekolah bersangkutan, entah sistemnya, kurikulumnya atau tingkat kesejahteraan karyawan dan guru-gurunya. Kondisi ini bisa berpengaruh terhadap proses belajar mengajar dan yang menjadi korban tak lain adalah murid-murid sekolah bersangkutan.

3. Standar keamanan sekolah rendah, lingkungan sekolah kotor

Apakah lingkungan sekolah aman bagi anak, misalnya anak tidak boleh keluar pagar sebelum dijemput orangtua atau yang mewakiinya, orang asing tidak diperbolehkan memasuki areal sekolah, atau lngkungan sekolah bersih dan terawat? Meski terlihat sepele, faktor-faktor ini menunjukkan seberapa bagus sebuah sekolah dikelola. Jika hal-hal tadi tidak ada di sekolah anak, bisa jadi sekolah itu bukan sekolah yang tepat bagi anak.

| SHUTTERSTOCK

4. Komunikasi pihak sekolah - orangtua tidak bagus

Sekolah yang bagus akan mendorong orangtua murid terlibat penuh dalam proses belajar anak. Pertemuan rutin atau diskusi di WA Group guru-orangtua murid merupakan bentuk komunikasi yang sangat penting dan menunjukkan seberapa baik sebuah sekolah menjalin komunikasi dengan orangtua murid. Jika komunikasi dengan pihak sekolah tidak berjalan lancar atau bahkan pihak sekolah terkesan tertutup, tak perlu menunggu waktu untuk memilih sekolah lain buat anak.

5. Peraturan dan kebijakan sekolah tidak jelas

Sekolah PAUD atau daycare tak hanya harus menerapkan peraturan yang jelas, tetapi juga harus aktif menyosialisasikan peraturan atau kebijakan ini kepada orangtua murid. Jika peraturan dan kebijakan sekolah tak jelas dan dokumennya tidak dibagikan kepada orangtua, Bunda boleh merasa was-was. Tanyakan lagi, dan jika masih tak mendapat informasi yang akurat, lebih baik pindahkan anak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro