If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Gadis Cilik Ini Panggil Nomor Darurat Demi Selamatkan Nyawa Ibunya

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 27 Januari 2019 | 12:00 WIB
| CharleneWright/BNPS

Kaitlyn Wright, 4 tahun, dipuji karena aksi beraninya menelepon ambulans saat sang ibu terkena serangan jantung.

Kaitlyn Wright, gadis cilik 4 tahun, menelepon 999 ketika sang ibu, Charlene, mendapat serangan jantung di rumah mereka di asal Askerswell, Dorset, Inggris. South Western Ambulance (SWAS) yang menerima panggilan darurat itu menyatakan, Kaitlyn menunjukkan kedewasaan yang melebihi usainya saat berbicara dengan petugas 999 dan menjelaskan kondisi sang ibu.

Tak lama setelah Kaitlyn menelepon 999, petugas medis datang dan nyawa Charlene pun berhasil diselamatkan. Petugas medis mengeluarkan rilis rekaman telepon dari Kaitlyn. Di dalam rekaman itu terdengar Kaitlyn mengatakan, “Mama mendapat serangan jantung, aku harus merawatnya.”

Juru bicara Tim Medis SWAS menyatakan, “Kaitlyn benar-benar menunjukkan keberanian yang luar biasa, ketenangan dan kebijaiksanaan melebihi usianya yang baru 4 tahun.”

Baca juga:  Idap Penyakit Langka, Perempuan Ini Posting Foto-Foto Fashionnya di IG

Kaitlyn sendiri mengunjungi pusat kontrol SWAS di dekat Bristol tak lama setelah aksinya mendapat banyak pujian dari masyarakat. Charlene menyebut putrinya sebagai malaikat penyelamat.

“Yang saya ingat, Kaitlyn datang ke rumah beserta ayahnya. Tak lama kemudian ayah Kaitlyn pergi dan saya nggak ingat apa-apa lagi. Ketika sadar, saya lihat petugas medis mengelilingi saya,” kata Charlene yang mengaku sering mendapat serangan jantung. “Ketiga anak saya tahu apa yang harus dilakukan setiap kali saya kena serangan,” lanjut Charlene.

Sementara sang ayah, Simon Wright mengaku selalu mengajari anak-anaknya untuk menekan 3 tombol nomor telepon, memencet tombol hijau, lalu meminta bantuan. Dan ternyata apa yang dia ajarkan benar-benar dijalankan Kaitlyn. Dan berkat aksinya, Kaitlyn akhirnya berhasil menyelamatkan nyawa Charlene. “Ini luar biasa.. Entah apa jadinya seandainya Kaityn tidak memanggil 999.”

| CharleneWright/BNPS

Charlene menambahkan, “Yang terlintas di benak saya waktu sadar di rumah sakit adalah saya selamat dan bisa berkupul dengan ketiga anak-anak saya. Itu sungguh perasaan yang luar biasa buat saya.”

Jess Hodkinson, petugas SWAS yang menerima panggilan Kaitlyn mengaku sangat kagum pada Kaitlyn. “Sungguh mengejutkan ketika mendengar suara anak kecil di ujung telepon. Saya tahu itu anak kecil tapi ia terdengar sangat berani, mampu menjawab pertanyaan dengan tenang dan yakin, serta tahu betul apa yang harus dilakukan dalam keadaan darutat,” lanjut Jess. “Ia menjawab, ‘Hanya ada aku dan anjngku’, ketika ditanya adakah orang lain di rumah itu?”

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro